Disparbudpora : Pertumbuhan Masyarakat Maju Berkat Wisata yang Memadai

0
64
Kadisparbudpora, Carto, saat menyambangi wisata gua Soekarno setelah event pesta rakyat dan lebaran ketupat di pantai Salopeng. (Foto: Hendra/MI)

madurainepth.com – Dalam rangka menyambut event Pesta Rakyat dan Lebaran Ketupat di program visit Sumenep 2019, Dinas Pariwisata, Kebudayaan, Pemuda dan Olahraga (Disparbudpora) pastikan pertumbuhan ekonomi masyarakat semakin maju.

Event yang digelar di pantai Slopeng itu telah mengajak banyak pedagang dalam menjajakan barang dagangannya untuk merayakan tradisi ketupat.

Kepala Disparbudpora, Carto mengatakan tradisi lebaran ketupat sejatinya memang sudah ada di masyarakat. Dari situ Pemerintah tentu akan membantu memajukan ekonomi lewat program visit Sumenep.

“Sebenarnya tradisi ini sudah ada di masyarakat, tapi kami membawa supaya event ini juga dapat membantu ekonomi masyarakatnya. Salah satunya masyarakat yang sedang berjualan ketika kegiatan berlangsung,” terangnya, Rabu (12/6/2019).

Dia mengungkapkan, target acara tersebut memang diprioritaskan untuk masyarakat. Sehingga masyarakat bisa tatap muka dengan Bupati.

“Harapan kita masyarakat bisa makan bareng sama Bupati. Dan pak Bupati turun ke bawah menjemput masyarakat untuk merayakan event tersebut,” kata mantan Asisten Setkab Sumenep ini.

Lebih lanjut, Carto menerangkan, animo dan antusias masyarakat mengikuti kegiatan tersebut sangat tinggi. “Masyarakat sangat antusias. Semuanya menikmati pesta ketupat ini. Mudah-mudahan ini dampaknya bagaimana mengembangkan wisata Sumenep,” tuturnya.

Dirinya mengklaim bahwa event Pesta Rakyat dan Lebaran Ketupat tersebut sudah berhasil menarik warga dalam ikut serta memeriahkan acara tahunan itu.

“Event ini bisa dikatakan sudah maju, karena wisatawan banyak hadir di acara ini untuk makan ketupat bersama,” tandasnya.

Kedepan, Pemerintahan Kabupaten (Pemkab) Sumenep, melalui Disparbudpora akan lebih tingkatkan mutu dan pariwisata yang ada. Sehingga pertumbuhan ekonomi juga semakin terbangun.

“Semakin banyak wisata di Sumenep, pertumbuhan ekonominya tentu dapat bertambah melalui wisata,” pungkasnya. (MR/NR/MH)