Di Sampang Ada 35 Desa Belum Salurkan BLT DD, Ini Alasannya

BLT DD Sampang
Istimewa.

maduraindepth.com – Sebanyak 35 desa di Kabupaten Sampang belum menyalurkan Bantuan Langsung Tunai Dana Desa (BLT DD). Hal itu diungkapkan oleh Kepala Dinas Pemberdayaan Masyarakat dan Desa (DPMD) Kabupaten Sampang, Malik Amrullah, Selasa (26/5).

“Masih 35 desa belum menyalurkan,” ujarnya pada maduraindepth.com.


Malik Amrullah menyebutkan, ada beberapa alasan hingga pekan terakhir Mei 2020 puluhan desa tersebut belum merealisasikan BLT DD. Diantaranya karena kepala desa ingin menyalurkannya melalui rekening.

“Macam-macam alasannya, ada yang menunggu mau menyalurkannya pakai rekening karena khawatir atau apa itu namanya, kalau proses rekening masih di BRI,” ucapnya saat dikonfirmasi.

Alasan itu, kata Malik, disampaikan oleh Camat kepada pihak DPMD Sampang. “Katanya informasi yang saya terima dari pak camat yang paling banyak mau pakai rekening,” tandasnya.

Malik menjelaskan, jika BLT DD tiga bulan tersebut disalurkan pada bulan Mei, maka masyarakat akan menerimanya hingga bulan Juli 2020. Besarannya setiap bulan sebanyak Rp 600 ribu per penerima.

Kendati demikian, Malik enggan membeberkan 35 desa yang belum menyalurkan BLT DD tersebut dengan alasan tidak hapal. “Saya ndak hapal, mungkin Kabid saya,” katanya.

Sementara itu, Kabid Pemerintahan Desa Suhanto juga tidak bisa membeberkan rincian 35 desa yang belum menyalurkan BLT DD. Dalihnya data puluhan desa tersebut belum diketik dan masih dievaluasi.

Baca juga:  425 Personel Keamanan Siap Amankan Proses Pembaiatan Pengikut Tajul Muluk

“Ya nanti saya ketik, ada di Omben itu. Ini kan masih dievaluasi hari ini, karena yang dari kecamatan belum ada laporan,” tandasnya. (MH)