Cegah Covid-19 Puskesmas Kedungdung Cek Kesehatan Para Santri

Puskesmas Kedungdung Cek Kesehatan Santri
Santri saat dilakukan cek kesehatan oleh petugas kesehatan Puskesmas Kedungdung. (Foto: RIF/MH)

maduraindepth.com – Puskesmas Kedungdung terus berupaya melakukan pencegahan Covid-19 di Kabupaten Sampang. Kali ini Puskesmas tersebut menggandeng sejumlah lembaga pendidikan pondok pesantren (Ponpes) yang berada di lingkungan Kecamatan Kedungdung.

Salah satunya, pelayanan kesehatan diberikan kepada para santri di Ponpes Gedangan. Bersama tenaga medis, Puskesmas Kedungdung memeriksa para santri yang sedang menimba ilmu agama di Ponpes tersebut. Mulai dari memeriksa suhu badan hingga tensi darah.


Kepala Puskesmas Kedungdung, Zahruddin mengatakan, layanan tersebut diberikan sebagai upaya pencegahan penyebaran Covid-19. Sebab menurutnya, pondok pesantren merupakan prioritas yang wajib diperhatikan, mengingat Ponpes merupakan titik pusat perkumpulan para santri yang perlu dijaga kesehatannya.

“Dengan ini kami berharap agar kesehatan para santri tetap terjaga dengan baik, terutama dari penyebaran Covid-19,” tutur Zahruddin pada maduraindepth.com, Sabtu (6/6).

Baca Juga : Wabup Pamekasan Beberkan Tiga Tujuan Pembentukan Kampung Tangguh

Dalam kesempatan yang sama, mantan Kepala Puskesmas Banjar dan Jrangoan tersebut juga memberikan arahan kepada para pengasuh Ponpes tersebut agar tetap mengikuti petunjuk protokol Covid-19. Bahkan, di Kecamatan Kedungdung sudah ada beberapa Ponpes yang sudah bekerja sama dengan pihaknya.

“Ada beberapa Ponpes yang sudah bekerja sama dengan kami, dan pelayanan ini merupakan sebagai bentuk apresiasi dari kami kepada pihak Ponpes,” katanya.

Baca juga:  Lakukan Sosialisasi AKB, Pihak Ponpes Berharap Memiliki Klinik Pesantren

Dikatakannya, pelaksanaan layanan kesehatan tersebut akan dilaksanakan selama tiga hari kedepan. Mengingat jumlah santri di Ponpes tersebut cukup banyak, sehingga butuh waktu

Tonton Video : Detik-detik Pemulangan Pasien Sembuh Corona di Sampang Madura

“Selama tiga hari, mulai Sabtu, Minggu dan Senin,” ujar dia.

Zahruddin berharap, pihak Ponpes lain yang berada di Kecamatan Kedungdung juga ikut berperan aktif dalam menjaga kesehatan para santri. Khususnya santri yang baru datang agar terhindar dari penyebaran Covid-19.

“Dengan ini, titik fokus pantauan penyebaran Covid-19 dapat terpantau dengan sistem,” pungkasnya. (RIF/MH)