Bupati Pamekasan Sebut Ada Tiga Karakter Pemuda Masa Depan

Bupati Baddrut Tamam
Bupati Pamekasan saat menerima penghargaan dari DPD IMM Jawa Timur. (Foto: RUK/MI)

maduraindepth.com – Bupati Baddrut Tamam menyampaikan ada tiga karakteristik pemuda masa depan yang dibutuhkan oleh pasar global. Hal tersebut, disampaikan saat Dewan Pimpinan Daerah Ikatan Mahasiswa Muhammadiyah (DPD IMM) Jawa Timur melakukan silaturahmi dengan Bupati Pamekasan di Mandhapa Agung Ronggosukowati, Senin (5/10).

Baddrut merinci, tiga karakter tersebut harus dimiliki oleh pemuda. Pertama, jujur di setiap situasi dan kondisi. Kedua harus memiliki kreativitas yang terus berkembang, sehingga memiliki metode yang inovatif untuk sebuah kemajuan.


Ketiga adalah efisien setiap menghadapi persoalan-persolan di lapangan atau dalam kehidupan yang dijalaninya.

“Yaitu jujur, kreatif-inovatif, cepat atau sigap. Karena generasi muda adalah pemimpin masa depan, harus disiapkan, ” kata Baddrut di hadapan sejumlah mahasiswa yang tergabung dalam IMM.

Sala satu upaya menyiapkan pimpinan di masa depan, kata Baddrut, ialah melalui organisasi yang di dalamnya berkembang pengetahuan.

“Bagaimana menyiapkannya? Lewat organisasi pemuda, ini adalah kawah candradimuka. Makanya, pemuda harus rajin baca, diskusi, berdialektika. Kalau ada yang salah, ya silahkan dikritik, yang substantif dan solutif. Bukan hal yang remeh-remeh,” ungkap alumnus Universitas Muhammadiyah Malang (UMM) itu.

Sementara ketua DPD IMM Jawa Timur, Andreas Susanto mengatakan, bahwa komunikasi antara aktivis mahasiswa dengan para pemangku kebijakan memiliki peran yang sangat penting dalam membentuk sistem pemerintahan yang baik dan menjadi contoh bagi generasi selanjutnya.

Baca juga:  Pembacokan Kakak Kandung di Pamekasan, Pelaku Terancam 15 Tahun Penjara

“Dengan komunikasi yang baik, gagasan-gagasan dari berbagai elemen bisa ditampung, sehingga sinergi antara pemerintah dan masyarakat, termasuk organisasi-organisasi mahasiswa bisa tertampung,” kata Andreas.

Selain agenda silaturahmi dan diskusi, DPD IMM Jawa Timur juga menyerahkan penghargaan kepada bupati Baddrut Tamam. Penghargaan itu merupakan bentuk apresiasi atas pencapaian Kabupaten Pamekasan yang didaulat sebagai Public Service of the Year Jawa Timur di tahun 2020 pada ajang Indonesia Marketeers Festival (Markplus Inc) 2020.

Turut hadir dalam agenda tersebut Sekda Pamekasan, Totok Hartono, jajaran Pimpinan Cabang (PC) IMM Pamekasan dan PD Pemuda Muhammadiyah Pamekasan. (Adv)

(RUK/MH)