Berkat PPM HCML, Masyarakat Mandangin Sebentar Lagi Miliki Lapangan Futsal Baru

PPM HCML lapangan futsal mandangin
Tampak sejumlah pekerja membangun lapangan futsal di Pulau Mandangin, Sampang, Sabtu (4/2). (Foto: Alimuddin/MID)

maduraindepth.com – Sebentar lagi masyarakat Desa Pulau Mandangin akan memiliki lapangan olahraga futsal dan voli baru yang berlokasi di Dusun Candin. Fasilitas ini dibangun dengan tujuan meningkatkan kemampuan warga di bidang olahraga.

Pembina Bina Mercusuar Bahari (BMB), Yusak mengatakan, pembangunan ini merupakan salah satu Program Pengembangan Masyarakat (PPM) Husky-CNOOC Madura Limited (HCML) 2023 bagi masyarakat Pulau Mandangin. “Ini salah satu bukti nyata dari hasil serap aspirasi masyarakat, sebab itu kami bangun untuk pengembangan warga di bidang olahraga,” ucapnya, Sabtu (4/2).

Yusak menyebut, lapangan futsal dan voli sengaja dibangun di lahan kosong sisi Timur Desa Pulau Mandangin. Dengan adanya lapangan itu, lanjut dia, dipercaya bisa mengurangi kenakalan remaja.

“Jika sudah selesai dibangun pastinya kondisi sekitar lapangan akan terang, jadi bisa meminimalisir kenakalan remaja di lokasi pada malam hari,” terangnya.

Aktivis asal kepulauan ini mengatakan, pemanfaatan lapangan itu tidak hanya akan dirasakan kalangan dewasa saja. Melainkan juga bisa dimanfaatkan pelajar.

Sebelumnya, pembangunan lapangan voli direncanakan berukuran panjang 20 meter dan lebar 12 meter. Namun, pada saat realisasi, dibangun lapangan futsal dengan ukuran panjang 40 meter dan lebar 20 meter. Menurut dia, penambahan diameter luas lapangan itu atas keinginan masyarakat.

“Selain bisa digunakan main futsal, juga bisa digunakan untuk main Voli agar mengurangi kenakalan remaja, melalui bidang olahraga,” ucap Yusak.

Baca juga:  32 Besar Akan Bertanding di Babak Utama Madura Open Tournament 9 Balls

Antusias Masyarakat Dalam Berolahraga Cukup Tinggi

Penjabat (Pj) Kepala Desa Pulau Mandangin, Khoirul Anam mengungkapkan, pembangunan lapangan futsal ini sebagai bukti kehadiran HCML untuk pemberdayaan masyarakat. Salah satunya di bidang pengembangan olahraga.

“Tidak hanya lapangan futsal, nanti juga ada kegiatan lainnya sesuai hasil jaring aspirasi masyarakat (Jasmas) tahun yang lalu. Kemungkinan bertahap sesuai anggaran yang ada,” katanya.

lapangan futsal mandangin
Tampak sejumlah anak bermain di dekat pembangunan lapangan futsal di Pulau Mandangin, Sampang, Sabtu (4/2). (Foto: Alimuddin/MID)

Pihaknya berharap, selain melalui anggaran desa, adanya PPM HCML bisa ikut serta membangun Pulau Mandangin, mulai dari segi pemberdayaan maupun pembangunan. “Pemerintah desa tetap mendukung, asal itu untuk kepentingan masyarakat,” harapnya.

Sementara, salah satu warga Dusun Candin, Desa Mandangin H. Sahlan mengaku, adanya pembangunan lapangan futsal ini dirasa penting. Sebab bisa mengurangi kenakalan remaja serta meningkatkan perkembangan olahraga bagi pemuda maupun pelajar.

H Sahlan menilai, adanya lapangan ini memberikan semangat bagi pemuda untuk berolahraga. “Pastinya nanti saat malam hari tetap ada yang berolahraga, jadi pemuda ini akan ada hiburan untuk mengurangi kenakalan,” jelasnya.

Sebelum itu, juga sudah dibangun lapangan futsal berlokasi di Dusun Kramat, sebelah Timur Lapangan Putra Mandangin. Namun, karena tingginya antusiasme masyarakat untuk berolahraga, sehingga perlu dibangun lapangan baru.

“Kalau hanya satu pastinya kurang memadai, yang mau main terlalu banyak sementara fasilitasnya masih minim,” pungkasnya. (Alim/*)

Baca juga:  Vaksin Covid-19 Tiba di Sumenep, Segini Jumlahnya

Dapatkan Informasi Menarik Lainnya Di Sini

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *