KPU Sampang Siap Laksanakan Pemilu 14 Februari 2024

Ketua KPU Sampang Addy Imansyah saat berkunjung ke salah satu kantor Parpol peserta Pemilu beberapa waktu lalu. (Foto: KPU Sampang for MI)

maduraindepth.com – Ketua Komisi Pemilihan Umum (KPU) Kabupaten Sampang Addy Imansyah menyatakan kesiapannya melaksanakan Pemilu pada 14 Februari 2024 mendatang. Kesiapan termasuk sumber daya manusia (SDM) yang dimiliki, sistem yang sudah terbangun dan semua perangkat yang dibutuhkan.

“Siap melaksanakan tahapan pemilu yang sudah ditetapkan dalam RDP,” ujar Addy pada maduraindepth.com, Selasa (25/1) siang.


Addy mengungkapkan, anggaran yang dibutuhkan dalam suksesi Pemilu 2024 mendatang belum dibicarakan lebih lanjut. Sebab belum ada arahan lebih lanjut dari KPU RI. “Mungkin nanti ada rapat koordinasi terkait kebutuhan anggaran,” ucapnya.

Ia menjelaskan, pihaknya di kabupaten sebatas melaksanakan pelaksanaan, mulai dari tahapan hingga hari pemungutan suara pada 14 Februari 2024 mendatang.

Kendati demikian, Addy mengaku pada pertengahan 2020 lalu pihaknya pernah diminta oleh KPU RI untuk menyusun pembiayaan Pemilu 2024. “Untuk (sumber) anggaran Pemilu dari APBN. Kita hanya melaksanakan,” tuturnya.

Ihwal kesiapan KPU Sampang soal Pemilu 2024, pihaknya saat ini tengah melakukan konsolidasi dengan partai politik yang ada di Kota Bahari. Sementara untuk pembentukan badan Adhoc akan dilakukan jika sudah memasuki tahapan Pemilu.

“Tidak ada perubahan undang-undang. Maka tahapan dimulai sekitar Juni 2022. Di Juni salah satu tahapan menyusun anggaran dan program kegiatan,” terangnya.

Pihaknya berharap, Pemilu 2024 mendatang terlaksana dengan baik demokratis, jujur dan adil. “Sesuai dengan prinsip penyelenggaraan pemilu,” pungkasnya. (MH/AW)

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here