Atlet Asal Sumenep Sabet Medali Emas Lari 400 Meter Kejurnas Atletik 2022

Detik-detik Maulana Ismail mampu meraih medali emas pada Kejurnas Atletik 2022 di Semarang. (Foto: Istimewa)

maduraindepth.com – Atlet asal Kabupaten Sumenep berhasil menyabet medali emas pada Kejuaraan Nasional (Kejurnas) Atletik 2022 U-18, U-20, dan Senior di Semarang. Maulana Ismail, atlet Pengkab Persatuan Atletik Seluruh Indonesia (PASI) Sumenep menorehkan prestasi berupa medali emas pada nomor lari 400 meter U-18 putra perorangan.

Tak hanya itu, remaja asal Kecamatan Ambunten Sumenep itu juga meraih medali perunggu pada nomor 200 meter U-18 putra perorangan. Ismail tampil apik pada kejuaraan yang digelar selama 6-11 Agustus 2022 tersebut. Sehingga, dua medali berhasil dipersembahkan bagi Jawa Timur (Jatim), termasuk mambawa harum nama Kabupaten Sumenep.

Maulana Ismail foto bersama dengan para atlet peraih medali nomor Lari 400 meter putra Kejurnas Atletik 2022 di Semarang. (Foto: KONI Sumenep for MI)

“Bersyukur dan bangga. Atlet kita (Ismail, red) mampu beprestasi di tingkat nasional,” ungkap Ketua Pengkab PASI Sumenep Abd Modjib, Senin (8/8/2022).

Menurut dia, semula Ismail direncakana akan turun pada tiga nomor. Yakni 400 meter, 200 meter dan estafet 4×400 meter. Namun usai meraih medali perunggu pada final 200 meter, Ismail mengalami cedera. Sehingga kemungkinan besar tidak bisa ikut tampil pada nomor estafet 4×400 meter.

“Baru dua atlet kami yang tampil pada Kejurnas Atletik. Ismail dan Syaiful Bahri (Atlet jalan cepat),” paparnya.

Modjib menyebut, Syaiful Bahri yang turun pada nomor jalan cepat 20 kilometer U-20 belum bisa menyumbang medali. Sempat unggul di posisi pertama, namun atlet tersebut didiskualifikasi karena dinilai melakukan pelanggaran pada titik kilometer 19.

Diterangkan, masih ada dua atlet kategori U-20 yang akan tampil esok (9/8/2022). Yakni, Sulaifan Fathkur yang akan turun pada nomor lari 100 meter dan 200 meter; serta M Indra di lari 200 meter, 400 meter, dan estafet 4×400 meter mixed.

“Untuk Riswar Bisma M yang rencananya akan turun pada nomor lompat galah putra U-18 tidak jadi bertanding. Karena pada nomor tersebut hanya ada tiga peserta dari tiga provinsi saja yang mendaftar. Sehingga panitia memutuskan pertandingan tidak digelar karena tidak memenuhi syarat,” jelasnya.

Perlu diketahui, terdapat lima atlet asal Sumenep yang terjaring Pengprov PASI Jatim untuk turun dalam Kejurnas di Semarang berdasarkan limit prestasi di ajang Pekan Olahraga Provinsi (Porprov) Jatim 2022 beberapa waktu lalu.

Lima atlet Sumenep itu, Sulaiman Fathkur (U-20), M Indra (U-20), Syaiful Bahri (U-20), Maulana Ismail (U-18), dan Riswar Bhisma M (U-18). Total ada 93 atlet yang mewakili Jatim dalam Kejurnas Semarang yang merupakan even resmi yang rutin digelar PB PASI. (*)

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan.

WhatsApp Kirim Info