Aktivitas Warga di Pasar Kolpajung Tidak Memperhatikan Protokol Kesehatan di Tengah Pandemi Covid-19

Pasar Kolpajung Pamekasan
Aktivitas warga di Pasar Polowijo Kolpajung tidak memperhatikan protokol kesehatan. (Foto: RUK/MI)

maduraindepth.com – Upaya pemerintah dalam menekan penyebaran Covid-19 rupanya tidak diindahkan oleh pengunjung dan penjual di Pasar Kolpajung, Pamekasan. Terbukti, mereka tampak tidak menggunakan masker dan tidak memperhatikan protokol kesehatan di tengah pandemi, Jum’at (5/6).

Padahal sebelumnya salah satu pedagang di Pasar Polowijo Kolpajung terkonfirmasi positif virus Corona. Sementara pemerintah setempat sejak jauh hari sebelumnya sudah memberikan imbauan kepada warganya agar memperhatikan protokol kesehatan.


Namun demikian, pantauan maduarindepth.com di pasar tersebut mereka tidak mengenakan masker dan tidak menjaga jarak. Mereka sibuk dengan aktivitas dagangnya tanpa ada rasa was was penularan Covid-19.

Ketua Penanggulangan Covid-19 RSUD dr. H. Slamet Martodirdjo, dr. Syaiful Hidayat menyampaikan, pasien baru positif Corona di Pamekasan merupakan klaster pasar Kolpajung. Dia berinisial M (65) warga Desa Padelegan, Kecamatan Pademawu.

Kata Syaiful Hidayat, pasien tersebut kesehariannya berjualan ikan di Pasar Polowijo Kolpajung.

Baca Juga : MUI Sampang Sebut Fatwa Pengurusan Jenazah Terinfeksi Covid-19 Tidak Bisa Diganggu Gugat

Terkait warga di pasar tersebut tidak memperhatikan protokol kesehatan di tengah pandemi, dibenarkan oleh Supervisor Pusdal Ops BPBD Pamekasan, Budi Cahyono. Dia menyebut, pengunjung dan penjual tidak menggunakan masker, padahal pihaknya bersama pemerintah sudah memberikan bantuan masker gratis.

“Saya minta kepada semua pengunjung maupun pedagang untuk menggunakan masker, karena pedagang di Pasar Polowijo Kolpajung sudah ada yang positif Corona,” ucapnya saat dikonfirmasi maduraindepth.com.

Baca juga:  Ketua DPRD dan Sekdakab Pamekasan Gagal Divaksin, Ini Sebabnya

Menurutnya, guna memutus mata rantai pandemi Covid-19 dibutuhkan kesadaran masyarakat. Sehingga bisa terhindar dari penularan virus Corona.

“Jadi kami mohon kepada semua pengunjung maupun penjual di pasar setempat untuk mematuhi anjuran pemerintah,” pungkasnya. (RUK/MH)