banner auto
banner auto

Akibat Server Down, Tes CAT Calon PPK Bangkalan Rampung Tengah Malam

Ppk bangkalan
Peserta Tes CAT seleksi calon PPK di Aula SMKN 2 Bangkalan. (FOTO: Romi/MID)

maduraindepth.com – Para peserta calon panitia pemilihan kecamatan (PPK) yang mengikuti computer assisted test (CAT), Selasa (6/12) kemarin, di SMKN 2 Bangkalan harus menunggu lama akibat server down. Akhirnya tes CAT rampung tengah malam.

Ketua komisi pemilihan umum (KPU) Bangkalan, Zainal Arifin membenarkan bahwa tes CAT rampung sekitar pukul 00:00 WIB malam, akibat server pada soal di komputer mengalami gangguan. Dari 4 gelombang tes CAT calon peserta PPK se-Bangkalan, yang mengalami ganggu hanya peserta gelombang empat saja.

“Soal pertanyaan di komputer tersebut lemot hanya muter-muter, bahkan ada soal pertanyaan yang sudah dijawab oleh peserta malah kembali lagi,” ujarnya kepada maduraindepth.com, Rabu (7/12).

Ada beberapa peserta, lanjut dia, yang harus menunggu lama karena sudah mengerjakan 40 sampai 50 soal CAT dan peserta yang baru menjawab sedikit harus mengulang biar tidak lama menunggu. “Ini memang membuat pecah konsentrasi dari peserta. Sudah jawab soal malah gangguan,” tuturnya.

Zainal menambahkan, dalam pelaksanaan tes CAT, panitia harus tetap profesional dalam seleksi calon PPK untuk wilayah Bangkalan tersebut, meski harus menunggu lama akibat server down. Pihaknya tetap menjalankan CAT hingga selesai agar peserta tidak bolak-balik kembali.

“Kami masih belum tahu penyebabnya. Kemungkinan akibat dari CAT yang serentak,” pungkasnya.

Baca juga:  KPU Bangkalan Kukuhkan 843 PPS, Zainal; Ada 13 Petugas Gagal Dilantik

Perlu diketahui, terdapat 441 calon PPK yang lolos tahap seleksi administrasi. Selanjutnya setiap kecamatan dipilih menjadi 15 orang. Dari jumlah itu, nantinya akan melewati tes wawancara dan dipilih 5 orang di setiap kecamatan untuk menjadi anggota PPK dalam Pemilu 2024 mendatang. (RM/MH)

banner auto banner auto

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan.

WhatsApp Kirim Info