146 Warga Binaan Rutan Kelas IIB Sumenep Dapat Remisi Kemerdekaan

Bupati Sumenep Busyro Karim saat penyerahan remisi kemerdekaan kepada napi. (MR/MI)

maduraindepth.com – Sebanyak 146 warga binaan Rumah Tahanan Negara (Rutan) kelas IIB Sumenep mendapat remisi Hari Ulang Tahun (HUT) ke-74 Kemerdekaan Republik Indonesia (RI) dari Kementerian Hukum dan Hak Asasi Manusia Republik Indonesia (Kemenkumham RI). Penyerahan remisi itu dilakukan secara simbolis oleh Bupati Sumenep, Busyro Karim kepada perwakilan warga binaan di Rutan setempat.

Bupati mengatakan, warga binaan untuk mendapat remisi bukanlah suatu hal yang mudah, namun ada persyaratan atau penilaian untuk mendapatkan remisi itu.


“Saya tekankan warga binaan yang menerima remisi HUT RI meningkatkan kualitas diri sekaligus memotivasi dirinya untuk mendorong kembali ke jalan kebenaran, sebab untuk mendapatkan remisi ada persyaratan,” kata Bupati di sela-sela Penyerahan Remisi HUT Ke-74 RI tahun 2019, Sabtu (17/8).

Dia berharap, warga binaan mengikuti program yang diadakan Rutan Kelas IIB Sumenep dengan sungguh-sungguh baik kepribadian dan kemandirian, semisal program ekonomi kreatif, membatik dan seni budaya. Hal itu kata Busyro, dilakukan agar warga binaan setelah menyelesaikan masa tahanannya mempunyai keahlian dan keterampilan sebagai bekal kehidupan selanjutnya.

“Warga binaan diharapkan setelah kembali ke tengah-tengah masyarakat dengan keahlian dan keterampilan itu benar-benar merubah nasib hidupnya menjadi lebih baik sebagai masyarakat yang kuat fungsinya,” ujar Bupati dua periode ini.

Baca juga:  Kades Jrangoan: Saya Yakin Kita Bisa Memutus Persebaran COVID-19

Sementara Kepala Rutan Kelas IIB Sumenep, Beni Hidayat, mengatakan, pihaknya mengusulkan warga binaan yang memenuhi syarat untuk mendapat remisi sebanyak 164 orang. Namun, yang mendapat remisi sebanyak 146 orang, sedangkan sisanya 18 warga binaan belum turun PP/99.

“Sebanyak 146 warga binaan yang mendapat remisi rinciannya adalah 15 hari sebanyak 2 orang, 1 bulan sebanyak 49 orang, 2 bulan sebanyak 48 orang, 3 bulan sebanyak 28 orang, 4 bulan sebanyak 16 orang dan 5 bulan sebanyak 3 orang,” pungkasnya. (MR)