Wabup Pamekasan Buka Acara Bimtek Bencana

Penulis: Riski Yadi

0
48
Wakil Bupati Pamekasan Raja'e saat membuka acara Bimtek untuk kebutuhan pasca bencana 2019 di Hotel Cahaya Berlian Pamekasan.

maduraindepth.com – Wabup Pamekasan, Raja’e membuka Bimbingan Teknik (Bimtek) kajian kebutuhan pasca bencana tahun 2019 yang digelar oleh Badan Penanggulangan Bencana Daerah (BPBD) Pamekasan.

Bimtek tersebut diikuti 50 peserta dari TNI-Polri, OPD terkait, camat, Tagana, dan Tim Reaksi Cepat (TRC).

“Dengan adanya bimtek ini, kami menyambut baik, dengan harapan mempunyai personil-personil yang memiliki kamampuan tinggi dalam mengkaji kebutuhan Pasca Bencana,” kata Raja’e saat sambutan Bimtek di hotel Cahaya Berlian, Jalan Raya Panglegur, (11/3).

Dia berharap, bimtek ini untuk menyusun kebutuhan yang diperlukan untuk menyelasaikan permasalahannya. Misalnya, bangunan roboh, dan infrastruktur rusak.

“Bimtek ini, bertujuan untuk meningkatkan kapasitas personel dan menghitung jumlah kerugian serta kebutuhan akibat kejadian bencana,” tambahnya.

Sementara itu, Kepala Pelaksana BPBD Pamekasan, Akamalul Firdaus menjelaskan, Bimtek untuk penyusunan kebutuhan pasca bencana. Demikian merupakan salah satu tahapan dalam rehabilitasi dan rekonstruksi pasca bencana.

“Dari penilaian dan kerugian kerusakan bencana dari aspek-aspek maupun kebutuhan manusia,” ungkapnya.

Selain itu, dia juga menambahkan, kegiatan ini untuk meningkatkan kemampuan peserta dalam memahami mengenai konsep pengkajian kebutuhan pasca bencana. (mi – j1/rus)