Trunojoyo Kompak Gelar Pameran Batu Akik, Bupati Sampang Harap Jadi Acara Tahunan

maduraindepth.com – Paguyuban Trunojoyo Komunitas Pecinta Akik (Kompak) menggelar pameran batu akik di Hotel Panglima, Jalan Panglima, Kelurahan Dalpenang, Sampang, Sabtu (12/12). Kegiatan tersebut digelar dalam rangka menyambut hari jadi Sampang ke-397.

Hadir dalam kegiatan Sampang Tourquoise Competition tersebut diantaranya bupati Slamet Junaidi. Dia membuka pameran batu akik yang digelar dalam dua hari kedepan dengan khidmat dan lancar.


Ketua Panitia Pelaksana Sampang Tourquoise Competition Fadol memberi sambutan meriah kepada seluruh peserta. Ditegaskan, kegiatan tersebut digelar dalam rangka memperingati hari jadi Sampang yang ke-397.

“Selamat datang kepada seluruh peserta yang telah hadir dari Jakarta, Bandung, Surabaya, Sidoarjo, Malang dan Bali,” sambut Fadol kepada para peserta yang datang dari luar kota.

Fadol mengatakan, acara ini merupakan acara terbesar yang diadakan selama masa pandemi COVID-19. “Dalam hal ini kami menolak sepi tapi juga menghindari keramaian karena masih dalam masa pandemi COVID-19,” katanya.

“Sesuai dengan apa yang telah kita sepakati bersama bahwa pada saat ini tetap menggunakan protokol kesehatan dalam rangka mencegah penularan virus COVID-19,” sambungnya.

Pameran Batu Akik Sampang
Bupati Sampang H. Slamet Junaidi dan wakilnya H. Abdullah Hidayat didampingi ketua panitia Fadol saat melihat batu akik. (FOTO: RIF/MI)

Disampaikannya, pelaksanaan pameran batu akik kategori Pirus dan Yaman itu diselenggarakan untuk menjalin silaturahmi dan meningkatkan semangat kebersamaan. Dalam hal ini dirinya berharap kegiatan tersebut dapat mengangkat batu lokal.

Baca juga:  Pemkab Sampang Umumkan Hasil Tes CPNS

“Kegiatan ini juga untuk mengangkat pariwisata di Kabupaten Sampang. Mudah-mudahan nanti kami bisa berpartisipasi dalam menghidupkan kota sampang sebagai kota pariwisata,” tuturnya.

“Besar harapan kami dengan terselenggaranya pameran ini dapat menumbuhkan kecintaan kita pada hasil seni budaya adiluhung kita dan menjadikan sebagai bagian yang tidak terpisahkan dari identitas kita sebagai pribadi, dan sebagai masyarakat yang dapat merekatkan persaudaraan antara peminat dan pecinta batu akik khususnya di Kabupaten Sampang,” terangnya.

Dia berharap, kegiatan tersebut bisa digelar tiap tahun. “Sehingga kita berharap mendapat dukungan penuh dari pemerintah Kabupaten Sampang,” harapnya.

Sementara itu, Bupati Sampang H. Slamet Junaidi menyampaikan, dengan terselenggaranya acara tersebut dirinya berharap dapat memberikan dampak positif. Sehingga bisa menghilangkan isu-isu negatif.

“Kami apresiasi kegiatan ini, kegiatan ini merupakan sebuah bentuk kepedulian dan prestasi dari saudara-saudara sekalian, dalam hal ini tentunya Sampang Trunojoyo Kompak sebagai penyelenggara kegiatan,” katanya.

Orang nomor satu di Kabupaten Sampang tersebut mendukung penuh acara yang digelar Sampang Trunojoyo Kompak. “Harusnya acara ini lebih besar dari acara kali ini,” tuturnya.

Bupati Sampang yang kerap disapa H. Idi tersebut berharap, acara tersebut juga bisa dijadikan sebagai event tahunan. “Terlebih bisa diselenggarakan bersamaan dengan hari jadi Kabupaten Sampang,” pesannya.

“Kami, siapkan lapaknya di lapangan wijaya, kalau bisa 20 stand untuk pameran akik isi batu akik semua, sehingga bisa menjadi event besar,” ucapnya.