Tingkatkan Kompetensi Guru Sertifikasi, Mohammad Ikhsan Lakukan Pembinaan

278
Ketua Pokjawas Kabupaten Sampang, Mohammad Ikhsan saat memberikan bimbingan dan pelatihan kepada 42 guru MI sertifikasi di Yayasan Al-Jawahir, Desa Komis, Kecamatan Kedungdung, Selasa (15/9). (Rif/MI)

maduraindepth.com – Mohammad Ikhsan, Ketua Kelompok Kerja Pengawas (Pokjawas) Kabupaten Sampang melakukan bimbingan dan pelatihan (Bimlat) kepada 42 guru MI sertifikasi binaannya di Kecamatan Kedundung. Ini dilakukan untuk meningkatkan kompetensi guru sertifikasi pendidikan madrasah ibtidaiyah (MI).

“Ada empat poin penting dalam Bimlat peningkatkan kompotensi ini, diantaranya adalah kompetensi bidang pedagogi, kompetensi profesional, kompetensi kepribdian dan kompetensi sosial yang harus dimiliki oleh para guru sertifikasi,” terang Ikhsan, Selasa (15/9).


Ikhsan menjelaskan, dari hasil Bimlat tersebut akan ada pengembangan Bimlat kepada guru sertifikasi lainnya di kecamatan Kedungdung. “Targetnya adalah untuk meningkatkan kompetensi guru-guru sertifikasi melalui forum-forum seperti ini,” ucap Ikhsan.

Ikhsan mengatakan memiliki kelompok kerja guru (KKG) khusus kelompok guru MI. Implementasinya, ucap dia, ditempat tugas masing-masing mereka melakukan kerja bersama di KKG.

“Termasuk ujian tengah semester atau ulangan tengah semester mereka menyusunnya di KKG,” imbuhnya.

Dikatakannya, forum seperti Bimlat merupakan targetnya sebagai ketua Kelompok Kerja Pengawas (KKP) dan pribadi, sehingga hasilnya nanti menuju pada asesment guru madrasah.

“Binaan kami ada yang memiliki nilai APKGN nya tertinggi di Kabupaten Sampang, oleh karena itu mereka kami bimbing minimal melakukan auto asesmen. Jadi mereka mengadakan asesmen mandiri dengan membuka kanal-kanal atau konten-konten guru yang disana tersedia banyak soal-soal tentang uji kompetensi,” pungkasnya. (RIF/AW)

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here