Terbaru, Kasus Penularan Covid-19 di Bangkalan Alami Lonjakan

Kasus Covid-19 Bangkalan
Peta sebaran Covid-19 di Kabupaten Bangkalan. (Data terbaru, 4 Juni 2021)

maduraindepth.com – Kasus penyebaran Covid-19 di Kabupaten Bangkalan mengalami lonjakan. Satuan Tugas (Satgas) Penanganan Covid-19 mencatat, kenaikan jumlah kasus itu terjadi usai libur lebaran tahun 2021.

Humas Satgas Covid-19 Pemkab Bangkalan Agus Sugianto Zain menyampaikan, Kabupaten Bangkalan saat ini tercatat sebagai daerah dengan jumlah kasus aktif paling banyak. Penambahan kasus baru menurut dia terjadi dalam kurun waktu tiga hari terakhir.


Diterangkan, kasus penyebaran Covid-19 di Kota Dzikir dan Shalawat tidak hanya menular pada warga biasa. Melainkan juga banyak dari tenaga kesehatan.

“Saat ini ruang perawatan pasien Covid-19 di RSUD Bangkalan sudah tidak memadai,” ucapnya, Minggu (6/6).

Akibat lonjakan kasus tersebut pihaknya mengaku telah berkoordinasi dengan Pemerintah Provinsi (Pemprov) Jawa Timur (Jatim) untuk menyediakan rumah sakit rujukan bagi pasien Covid-19 asal Bangkalan.

Agus memaparkan, sebelumnya sebanyak 18 orang tenaga kesehatan diketahui terkonfirmasi positif Covid-19. Sehingga pihak rumah sakit terpaksa menutup IGD RSUD Bangkalan.

Belasan tenaga kesehatan itu terdiri dari satu apoteker, satu dokter, delapan perawat, dua analis, satu radiografer, satu administrasi ruangan, dua petugas pelayanan kantor, satu orang manajemen, dan seorang satpam RSUD Syarifah Ambami Rato Ebhu Bangkalan. (*)