Tempuh Jarak 6 Kilometer, Ratusan Siswa Ikuti Lomba Gerak Jalan di Sumenep

0
63
Bupati Sumenep, saat melepaskan peserta gerak jalan. (Foto: MR/MI)

maduraindepth.com – Dalam rangka peringatan Hari Jadi Kabupaten Sumenep ke-750 tahun 2019, ratusan peserta mengikuti Lomba Gerak Jalan tingkat Sekolah Dasar (SD) / Madrasah Ibtidaiyyah (MI) baik negeri atau swasta, Sabtu (26/10/2019)

Bupati Sumenep Busyro Karim bersama anggota Forum Koordinasi Pimpinan Daerah (Forkopimda) dan Kepala Dinas (Kadis) Pendidikan Kabupaten Sumenep, Bambang Irianto, secara resmi melepas peserta gerak jalan tingkat SD/MI se-Kabupaten Sumenep.

Sebagai Kadisdik, Bambang Irianto mengungkapkan, peserta gerak jalan sebanyak 111 regu. Rinciannya, terdiri dari peserta putra sebanyak 50 regu dan peserta putri sebanyak 61 regu. Jarak tempuh gerak jalan kali ini sepanjang 6 kilometer.

“Kami memilih 1 hingga 6 regu terbaik masing-masing regu putra dan putri, untuk mendapatkan piala dan uang pembinaan,” terangnya, Sabtu (26/10/2019).

Sementara itu, Bupati Sumenep Busyro Karim berharap, dengan adanya lomba gerak jalan ini bisa memberikan pendidikan kepada anak-anak sejak dini, agar selalu hidup bersatu dalam bermasyarakat untuk mencapai tujuan yang sama.

“Gerak jalan mengajarkan anak didik tentang kebersamaan dan kekompakan untuk meraih kesuksesan, karena kalau tidak ada kebersamaan dan kekompakan sulit, bahkan gagal menuai keberhasilan,” ujarnya.

Ia menyatakan, lomba gerak jalan antar siswa ini dilaksanakan pada hari jadi, agar seluruh siswa SD/MI mengetahui tentang sejarah Kabupaten Sumenep. Sebab, pada tahun ini Sumenep telah berusia 750 tahun sejak pelantikan Raja Arya Wiraraja sebagai Adipati pertama Sumenep pada tanggal 31 Oktober 1269.

“Berbagai kegiatan di momentum hari jadi Kabupten Sumenep untuk memberikan pengetahuan sejarah kepada siswa termasuk masyarakat, sehingga seluruh elemen semakin mencintai Sumenep,” tutur Bupati dua periode ini. (MR/MI)