Tampilkan Beragam Kreasi, Karnaval Kemerdekaan di Pulau Mandangin Meriah

0
130
Penampilan salah satu peserta Karnaval Kemerdekaan di Desa Pulau Mandangin, (17/8). (AW/MI)

maduraindepth.com – Peringatan hari kemerdekaan Republik Indonesia ke 74 di Pulau Mandangin Kecamatan Sampang sangat meriah. Sebab, di pulau berpenduduk 20 ribu lebih jiwa itu sedang digelar Karnaval Kemerdekaan yang menampilkan tema dan kostum bernuansa perjuangan.

Sebanyak 17 peserta dari lembaga pendidikan tingkat SD/MI dan SMP/MTs di Pulau Mandangin berpartisipasi dengan menampilkan konsep dan tema perjuangan yang beragam, unik dan eksotis. Di sepanjang ruas jalan mereka disambut meriah oleh ribuan warga yang sudah menunggu sejak jam 06.00 pagi.

“Kegiatan pawai pembangunan ini merupakan puncak dari kegiatan-kegiatan yang diselenggarakan oleh PGRI – PGMI Mandangin dalam menyambut HUT RI ke 74,” ujar Sawari, ketua Panitia Karnaval Kemerdekaan, Sabtu (17/8/2019).

Sementara itu, Saiful Anam, kepala desa Pulau Mandangin mengatakan, pawai kemerdekaan RI ke 74 merupakan kegiatan rutin yang digelar setiap tanggal 17 Agustus. “Karnaval kemerdekaan itu sejak dulu sudah ada di desa Pulau Mandangin,” ucapnya.

Selain memperingati HUT kemerdekaan RI, kegiatan tersebut jelas Saiful, sebagai salah satu ajang kreativitas dan seni guna mempromosikan pulau yang terkenal memiliki hamparan pasir putih yang luas itu.

“Sebagai salah satu destinasi wisata kabupaten Sampang, tentu kami ingin menampilkan keindahan seni dan budaya desa Pulau Mandangin,” imbuhnya.

Suryati (35) warga Mandangin yang ditemui maduraindepth.com, berharap kegiatan tersebut menjadi event rutin tahunan di desanya. “Semoga ada peningkatan kreatifitas dari peserta, karena ini merupakan perayaan sekaligus hiburan rakyat,” tuturnya.

Pantauan maduraindepth.com, suasana di ruas jalan desa dipenuhi warga setempat. Para peserta karnaval terlihat tetap semangat meski harus mengelilingi pulau. (MB/AW)