Ta’aruf bersama Pj Kades, FAMDM Dorong Percepatan Reformasi Birokrasi

Salah satu tokoh desa Mlaka, Jrengik saat menyampaikan aspirasi, Ahad (9/1). (Foto: Alimuddin/MI)

maduraindepth.com – Forum Aliansi Masyarakat Desa Mlaka (FAMDM), Kecamatan Jrengik, Kabupaten Sampang, Madura menggelar ta’aruf dan silaturahmi bersama Penjabat (Pj) Kepada Desa (Kades) dan Forkopimcam Jrengik.

Hadir dalam acara tersebut Camat Jrengik Sunarto, Pj Kades Mlaka Baitan Naim, Forum Komunikasi Pimpinan Kecamatan (Forkopimcam), tokoh masyarakat, pemuda dan mahasiswa.


Saat dikonfirmasi, Ketua FAMDM, Nawali menyampaikan bahwa, pertemuan itu dimaksudkan untuk menyerap aspirasi serta silaturahmi bersama Pj Kades Mlaka.

“Kami fasilitasi pertemuan ini, tujuannya untuk tahu apa yang akan dilakukan Pj bersama perangkat desa Mlaka untuk membangun Desa,” ujarnya, Ahad (09/01).

Dalam pertemuan tersebut terdapat beberapa poin penting yang dihasilkan. Pertama, akan dibangunnya Balai Desa di lokasi yang netral. Kemudian menghasilkan Reformasi birokrasi dengan melakukan penggantian perangkat desa jika diperlukan.

“Ketiga menghasilkan keputusan tentang administrasi pelayanan atau berhubungan dengan bantuan sosial lainnya,” ucap Nawali.

Sementara itu, Zainuddin, tokoh masyarakat setempat menyampaikan, reformasi birokrasi yang dilakukan harus berdampak pada tatanan pelayanan masyarakat yang lebih baik.

“Pj dan perangkat desa lainnya harus profesional serta paham akan tugas dan fungsinya dalam melayani masyarakat,” tegasnya.

Menurut mantan Ketua DPD Partai NasDem Sampang tersebut, balai desa yang selama ini dianggap tidak jelas keberadaannya berdampak kepada pelayanan. Sebabnya, dia dengan tegas meminta Pj dan perangkat desa agar lebih maksimal dan transparan.

Baca juga:  Rombongan Jamaah Haji Asal Sumenep Terlibat Laka Beruntun

“Kami berharap pelayanan di Desa Mlaka harus ditingkatkan lagi seiring dengan adanya Pj bersama perangkat desa yang ada,” tandasnya.

“Pelayanan administrasi dan bantuan sosial harus lebih maksimal, transparan dan terbuka pada masyarakat,” tambahnya. (Alim/AW)

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here