Kepala BPBD Sampang Datangi Posko NU Peduli Banjir

BPBD Sampang
Kepala BPBD Sampang Asroni bersama stakeholder peduli bencana membicarakan terkait penanganan banjir dan pembagian sembako untuk warga yang terdampar banjir dibeberapa daerah Kabupaten Sampang, Senin (11/01). (FOTO : Alimuddin/MI)

maduraindepth.com – Badan Penanggulangan Bencana Daerah (BPBD) Sampang mendatangi posko Nahdlatul Ulama (NU) peduli banjir dan Forum Pengurangan Resiko Bencana (FPRB), Senin (11/1). Kunjungan itu dalam rangka dukungan untuk mengurangi beban warga terdampak banjir dengan menyalurkan bantuan kebencanaan berupa sembako.

Saat di lokasi, Kepala BPBD Sampang Asroni mengatakan, kunjungannya ke posko NU dan FPRB untuk memastikan bahan-bahan sembako yang akan disalurkan kepada masyarakat yang terkena banjir di sejumlah titik.


“Nantinya BPBD bersama stakeholder yang lain akan membagikan sembako ini dibeberapa titik lokasi terdampar banjir,” ungkapnya.

Asroni berharap, kebersamaan dari seluruh komponen untuk tetap bergandengan tangan sangat diutamakan. Terutama menanggapi dan bertindak menangani banjir yang terjadi di beberapa daerah di Kota Bahari tahun ini.

“Kami tetap intens mengikuti informasi banjir dibeberapa daerah Kabupaten Sampang serta melakukan koordinasi bersama stakeholder lainnya supaya membantu masyarakat,” tegas Asroni.

Dia juga menyebut, tujuannya mendatangi dapur umum untuk saling menukar informasi dan mencari solusi terkait bencana banjir yang melanda. Serta menyiapkan sembako yang akan didistribusikan. “Kepedulian dari semua elemen juga membantu sekali dalam urusan bencana banjir ini,” ucap Asroni.

NU Peduli Banjir
Kepala BPBD Sampang Asroni ditemui Ketua PCNU Sampang KH. Mohammad Itqon Bushiri di Posko NU Peduli Banjir, Senin (11/1). (FOTO: Alimuddin/MI)

Hal senada juga disampaikan Ketua Pengurus Cabang (PC) NU Sampang KH. Mohammad Itqon Bushiri. Menurut dia, penyaluran sembako yang kedua kalinya ini memang diperuntukkan bagi masyarakat terdampak banjir.

Baca juga:  Ini Kronologi Penangkapan Penjual Sabu di Modung

Sampai saat ini, lanjutnya, PCNU Sampang masih aktif menyalurkan bantuan. “Hampir dua kali ini kami melakukannya. Dalam penyaluran nya kita akan memfokuskan pada titik tertentu yang tergenang air. Supaya saat penyaluran sembako bisa menyebar secara rata,” tutur alumnus Ponpes Darul Rahman yang karib disapa Kyai Itqon tersebut.

Diterangkan, penyaluran sembako juga menyesuaikan dengan titik lokasi genangan air yang sudah ditentukan oleh BPBD Sampang. Kyai Itqon menuturkan, penyaluran bantuan sembako dilakukan sore hari.

Dia berharap pembagian sembako yang dilakukan oleh semua pihak menjadi kebaikan bersama. Sehingga mengurangi beban warga yang rumahnya tergenang air. “Bagi masyarakat yang ingin menyalurkan bantuannya dalam bentuk apa saja, kami siap menerima demi meringankan korban terdampar banjir,” tutupnya. (Alim/BAD)