Ruang Inap Puskemas Pulau Mandangin Kembali Dibuka

Puskesmas pulau mandangin
Nakes Puskesmas Pulau Mandangin saat melayani vaksinasi Covid-19 bagi warga setempat. (FOTO: Alimuddin/MI)

maduraindepth.com – Pelayanan di ruang inap pusat kesehatan masyarakat (Puskesmas) Pulau Mandangin, Sampang, Madura, Jawa Timur sudah kembali dibuka sejak awal Agustus 2021.

Sebelumnya ruang inap Puskesmas Pulau Mandangin ditutup sementara lantaran sebagian besar tenaga kesehatannya (nakes) sedang menjalani isolasi mandiri (isoman) di rumah.


Kepala Puskesmas Pulau Mandangin Zaini mengkonfirmasi bahwa ruang inap sudah kembali dibuka untuk layanan perawatan.

“Saat ini sudah kami buka, sebelumnya ditutup karena nakes di Puskesmas Mandangin keseluruhannya ada 8, yang 6 orang lagi (isoman). Jadi saat itu kami tutup sementara waktu,” jelas Zaini pada maduraindepth.com, dikonfirmasi pada Selasa (4/8).

Namun untuk pelayanan emergency dan UGD tetap dibuka 24 jam. Sehingga masyarakat yang kondisinya darurat segera bawa ke Puskesmas guna mendapatkan pertolongan cepat.

“Jadi saat ini masyarakat tinggal datang ke Puskesmas jika membutuhkan pelayanan kesehatan, saat ini sudah ada dua pasien yang dirawat di ruang inap,” terangnya.

Lanjut Zaini, ruang inap Puskesmas Pulau Mandangin yang ditutup beberapa waktu lalu tersebut sudah mendapat izin dari Dinas Kesehatan (Dinkes) Kabupaten Sampang. Hanya saja Dinkes meminta pihak Puskesmas tetap membuka pelayanan emergency dan UGD selama 24 jam, meski diketahui ada sejumlah nakes yang menjalani isoman di rumah.

Kendati ruang inap sudah dibuka, kata Zaini, masyarakat banyak yang kurang paham. Mereka menganggap sebelum masuk UGD, pasien harus diswab, ketika positif maka harus isoman di RSUD dr. Mohammad Zyn Sampang.

Baca juga:  Lelaki Ini Ingin Ada Wisata Bugenvil di Sampang, Ini yang Dilakukan

“Saat mau diswab masyarakat tidak mau alias takut, jadinya kasihan ke orang-orang yang belum tentu terpapar Covid-19 juga merasa takut saat mau diswab,” ujarnya.

Atas kejadian ini, pihaknya meminta maaf akibat keterbatasan pelayanan yang ada. Pihaknya berjanji akan mengupayakan dan memaksimalkan pelayanan bagi masyarakat.

“Kami harap masyarakat tetap tenang, menjaga prokes Covid-19, jangan takut saat mau divaksin atau diswab, karena itu untuk keselamatan dan kesembuhan kita akibat paparan virus corona,” harapnya. (Alim/MH)