Ribuan Santri Meriahkan Pawai Kebangsaan HSN 2019 di Sampang

0
206
HSN 2019 Sampang
Jangan ditiru: Atraksi sembur api oleh pagar nusa Sampang tambah perayaan HSN 2019 semakin meriah. (Foto: MH/MI)

maduraindepth.com – Memperingati Hari Santri Nasional 2019, Pengurus Cabang Nahdlatul Ulama (PCNU) Kabupaten Sampang gelar pawai kebangsaan, Sabtu (19/10/2019) malam. Kegiatan ini mengambil start dari depan pendopo Wakil Bupati dan finish di pasar Margalela Sampang.

Ribuan santri, kader, pengurus lembaga dan badan otonom NU terlibat dalam kegiatan tersebut. Kegiatan ini semakin meriah dengan ribuan obor, bendera merah putih dan bendera NU yang dipegang ribuan peserta.

Diawali dengan atraksi Pagar Nusa, barisan pawai yang terdiri dari barisan pembawa bendera NU dan merah putih, drumband, hadrah, daul dug-dug, kader penggerak NU, pagar nusa dan ribuan santri pembawa obor dilepas oleh wakil Bupati Sampang H Abdullah Hidayat.

Ketua PCNU Sampang, KH Moh. Itqon Bushiri dalam sambutannya menyampaikan, peringatan hari Santri Nasional (HSN) ini melibatkan ribuan santri dari beberapa pesantren terdekat.

“Seandainya pesantren yang terlibat HSN ini tidak kami batasi, saya yakin sampai subuh tidak akan selesai,” ujarnya.

Berbagai hiburan dan kesenian Islami ditampilkan oleh peserta, seperti hadrah, drumband dan daul dug-dug yang memainkan lagu Syubbanul Wathon dan mars NU dengan iringan musik tradisional. Selain itu, atraksi dari pagar nusa membuat kegiatan tersebut semakin meriah.

Santri: Ribuan obor dinyalakan dalam peringatan HSN 2019 di Sampang. (Foto: MH/MI)

“Peringatan Hari Santri Nasional yang dikemas dengan pawai obor ini diikuti ribuan santri, penampilan hadrah, drumband dan daul dug-dug ini untuk menunjukan perdamaian antar umat manusia,” tambahnya.

Sementara, H Abdullah Hidayat, Wakil Bupati Sampang mangatakan peringatan hari santri nasional malam ini sangat meriah dan masyarakat sangat antusias ikut memeriahkan kegiatan yang dilaksanakan PCNU Sampang.

“Peringatan hari santri nasional ini sangat meriah karena masyarakat berbondong bondong menyaksikan acara ini. Semoga kedepan lebih meriah,” kata Abdullah Hidayat.

Muhlis (30), warga jalan Trunojoyo Sampang mengaku terhibur dengan adanya pawai obor yang dilaksanakan oleh PCNU Sampang. Menurut dia masyarakat Sampang sangat terhibur dengan penampilan hadrah, drumband, daul dan ribuan obor.

“Sangat meriah. Dan baru kali ini peringatan hari santri nasional di Sampang ada pawai ribuan obor,” katanya.

Selain dihadiri Wakil Bupati H Abdullah Hidayat dan Ketua PCNU Sampang KH Moh. Itqon Bushiri, kegiatan ini juga dihadiri oleh Kapolres AKBP Didit Bambang Wibowo, Rois Syuriah KH Syafiuddin Abd Wahid, Sekdakab Yuliadi Setiawan, Forkopimda, Kodim 0828, dan para ulama. (AW)