Bupati Slamet Junaidi: Santri Merupakan Ujung Tombak Kemerdekaan RI

0
291
HSN 2019 Slamet Junaidi
Dalam rangka menyambut HSN 2019, Bupati Sampang Slamet Junaidi mengenakan setelan baju dan peci warna putih berpenampilan seperti santri. (Foto: MH/MI)

maduraindepth.com – Bupati Sampang H. Slamet Junaidi turut serta menyampaikan ucapan selamat Hari Santri Nasional (HSN) 2019. Menurutnya, santri merupakan pahlawan nasional kemerdekaan Negara Kesatuan Republik Indonesia (NKRI).

“Kalau melihat dari perjuangan 10 November 1945 di Surabaya santri merupakan pemeran utama, ujung tombak dari kemerdekaan RI,” kata Bupati Slamet Junaidi pada maduraindepth.com, Senin (21/10/2019).

Ditetapkannya HSN yang jatuh pada 22 Oktober merupakan apresiasi yang diberikan oleh pemerintah RI. Hal itu, kata Slamet Junaidi, tidak lepas dari sejarah santri di masa lalu yang menjadi garda terdepan memperjuangkan kemerdekaan NKRI.

“Makna hari santri sebenarnya bagaimana kita meneladani perjuangan para santri dimasa lalu,” tuturnya.

Slamet Junaidi berharap, santri masa kini bisa meneladani perjuangan santri di masa lalu yang bergerak demi kepentingan bangsa. “Saya berharap, santri-santri bisa menjadi garda terdepan perjuangan bangsa ini,” ucapnya.

Melalui HSN ini, Slamet Junaidi juga berharap para santri di Sampang bisa ikut serta dalam mengawal dan berkontribusi pada pemerintahan. Khususnya Pemkab Sampang.

“Karena kami di Sampang, kami ingin ada sinergi antara Pemkab Sampang dengan kaum santri. Harapan saya santri jadi pengawal pembangunan Sampang,” pungkasnya. (MH/AW)