Ratusan Lembaga PAUD di Sampang Belum Terakreditasi

ratusan paud sampang belum terakreditasi
Salah satu lembaga PAUD di Kabupaten Sampang. (Foto: IST)

maduraindepth.com – Ratusan lembaga Pendidikan Anak Usia Dini (PAUD) di Kabupaten Sampang, Madura, belum terakreditasi. Alasannya, terkendala syarat administrasi. Tercatat, sampai saat ini ada 791 lembaga PAUD yang tidak terakreditasi.

Kepala Bidang (Kabid) PAUD dan Pendidikan Non Formal dan Informal (PNFI) Dinas Pendidikan (Disdik) Sampang, Rahmad Ariyanto mengatakan, syarat umum akreditasi harus mengajukan permohonan ke Badan Akreditasi Nasional (BAN) PAUD dan Pendidikan Non formal (PNF). Pengajuan melalui Sistem Penilaian Akreditasi (Sispena-2) PAUD dan PNF.

“Lembaga yang belum terakreditasi mayoritas karena belum siap. Misalkan, secara administrasi lembaga belum lengkap. Juga karena faktor sarana dan prasarana (sarpras),” ucapnya, Rabu (15/3).

Rahmad menyebut, dari total 986 lembaga PAUD se Kabupaten Sampang, yang terakreditasi hanya 195 lembaga. Sementara, sisanya ada 791 lembaga yang belum terakreditasi.

Selain itu, persyaratan lain yang harus dipenuhi, yakni lembaga pendidikan harus memiliki izin penyelenggaraan, izin operasional, dan izin pendirian program yang diajukan dari Disdik setempat.

“Juga menyertakan akta pendirian dari notaris atau SK pimpinan instansi, lembaga, dan institusi yang berwenang,” ungkapnya.

Sedangkan, kata Rahmad, untuk pengajuan akreditasi minimal dua tahun beroperasi. Namun, program tersebut diprioritaskan bagi lembaga yang memiliki Nomor Pokok Satuan Pendidikan (NPSN). Adapun, syarat khusus lembaga tersebut harus memiliki peserta didik minimal sepuluh anak pada tahun ajaran terakhir.

Baca juga:  Guru SD Terduga Teroris Statusnya Masih ASN, Disdik: Kami Tunggu Laporan Penyidik

“Lembaga itu juga harus punya tenaga pendidik, minimal berijazah S1 untuk TK, RA, dan BA. Jika hanya memiliki ijazah SLTA, itu untuk KB, TPA, dan SPS, ” pungkasnya. (Alim/*)

Dapatkan Informasi Menarik Lainnya Di Sini

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

banner auto