Puskesmas Kedungdung Lakukan Kampanye dan Layanan Vaksinasi Covid-19 di Pondok Pesantren

Puskesmas Kedungdung
Puskesmas Kedungdung saat menggelar kampanye dan layanan vaksinasi Covid-19 di salah satu Pondok Pesantren di Kecamatan Kedungdung, Sabtu (29/5). (Foto: UPTD Puskesmas Kedungdung for MI)

maduraindeppth.com – Dalam rangka meningkatkan pelayanan vaksinasi Covid-19 pada masyarakat, Puskesmas Kedungdung, Sampang melakukan kampanye dan sosialisasi vaksin di Pondok Pesantren, Sabtu (29/5/2021).

Kepala Puskesmas Bersinar Kedungdung Zahruddin menjelaskan, kegiatan tersebut bermula dari ide-ide yang dibangun guna mencapai target sasaran vaksinasi Covid-19 di Sampang. Khususnya di Kecamatan Kedungdung.


“Salah satu cara untuk mengetahui target tersebut, kita turba. Memilih pondok tujuannya saling peduli terhadap santri dan ustad untuk mendapatkan pelayanan vaksin Covid-19,” jelasnya, Minggu (30/5).

Pihaknya menilai, pondok pesantren merupakan salah satu tempat pelayan publik yang harus mendapatkan vaksin secara merata.

“Dengan cara melakukan vaksinasi ke pondok, kami meyakini masyarakat akan percaya kalau vaksin ini tak hanya aman dan halal, namun memang dibutuhkan serta harus dilakukan oleh semua orang,” ujarnya.

Apalagi, lanjut Zahruddin, pihaknya melihat target pencapaian vaksinasi di Sampang masih belum sepenuhnya maksimal. Artinya, masih belum mencapai target tinggi yang ditentukan Pemerintah Kabupaten Sampang.

“Kami berusaha untuk meningkatkan target vaksinasi di Kota Bahari. Kami punya ide dan bergerak guna mencapai sasaran di kecamatan,” ungkap Zahruddin.

Dia menambahkan, dari kegiatan tersebut tak hanya memberikan pelayanan yang terbaik pada masyarakat Sampang, namun juga mendekatkan akses pelayanan.

“Jadi gak perlu datang ke Puskesmas Kedungdung, kami yang turba langsung ke masyarakat. Kami kampanyekan dan mensosialisasikan kepada masyarakat bahwa vaksin itu diterima oleh pondok pesantren,” ucapnya.

Baca juga:  Polres Sampang Tetapkan Pelaku Peredaran Narkoba

Zahruddin berharap layanan vaksinasi Covid-19 bisa dilakukan di pondok yang lain, guna memutus penularan Covid-19 di lingkungan masyarakat.

“Kabupaten Sampang perlu melakukan pelayanan vaksinasi seperti itu, kami anggap ini sangat efektif dan efesien. Inilah salah satu usaha kami guna meningkatkan pencapaian vaksinasi yang di Sampang,” pungkasnya. (Alim/BAD)