Puluhan Pasang Sapi Kerapan Terbaik se Madura Berebut Juara Piala Presiden 2023

kerapan sapi madura piala presiden 2023
Joki saat memacu sapi kerapan di lintasan Stadion RP Moh Noer, Bangkalan. (Foto: Rafly/JNR)

maduraindepth.com – Sebanyak 24 pasang sapi kerapan mengikuti ajang Kerapan Sapi Piala Presiden RI 2023, di Stadion RP Moh Noer, Bangkalan, Madura, Ahad (8/10). Sapi-sapi itu merupakan yang terbaik mewakili setiap kabupaten di Pulau Garam.

Sekretaris Daerah (Sekda) Provinsi Jawa Timur (Jatim), Adhy Karyono menjelaskan, karapan sapi ini merupakan hasil budaya dan seni serta warisan leluhur masyarakat Madura. “Karapan Sapi perlu terus dilestarikan dan sudah masuk kalender wisata tahunan. Ini untuk mengembangkan budaya daerah dan pariwisata, hingga mendongkrak perekonomian dan kesejahteraan masyarakat,” ujarnya.

Penyelenggaraan lomba kerapan sapi Piala Presiden 2023 ini, kata dia, sudah menyesuaikan perkembangan era teknologi. “Sudah ada peralatan digital yang dipakai untuk memantau ketepatan dan kecepatan sapi, baik di garis start maupun finish. Dengan demikian diharapkan bisa semakin menjaga sportivitas perlombaan,” paparnya.

Kepala Badan Koordinasi Wilayah Pemerintahan dan Pembangunan Jawa Timur (Bakorwil) IV Pamekasan, Sufi Agustini melaporkan, lomba karapan sapi ini memperebutkan piala bergilir Presiden RI dan merupakan rangkaian Hari Jadi ke 78 Provinsi Jawa Timur. Lomba karapan sapi ini diikuti oleh para juara hasil seleksi tingkat kabupaten se Madura.

Diterangkan, setiap kabupaten diwakili oleh 6 regu atau 6 pasang sapi. “Artinya, ada 24 pasang sapi yang berlomba dari Kabupaten Bangkalan, Kabupaten Sampang, Kabupaten Pamekasan, dan Kabupaten Sumenep,” terangnya. (*)

Baca juga:  Pagelaran Kerapan Sapi Dilaksanakan Minggu Ini

Dapatkan Informasi Menarik Lainnya DI SINI

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *