PPKM Level 4, Pemkab Pamekasan Beri Tambahan Bantuan

Pamekasan
Kepala Dinsos Pamekasan Moch. Tarsun saat menyerahkan bantuan di Mandhapa Aghung Ronggosukowati. (FOTO: Kominfo for MI)

maduraindepth.com – Pemerintah Kabupaten (Pemkab) Pamekasan, Madura, Jawa Timur memberikan tambahan beras 10 kilo gram untuk keluarga penerima manfaat (KPM) program keluarga harapan (PKH) di Mandhapa Aghung Ronggosukowati, Selasa (27/7).

Tambahan bantuan itu diberikan seiring adanya pemberlakuan pembatasan kegiatan masyarakat (PPKM) level 4 hingga 2 Agustus 2021 mendatang sebagai upaya pemerintah pusat dalam memutus mata rantai penyebaran COVID-19.


Kepala Dinas Sosial (Dinsos) Pamekasan, Moch. Tarsun, mengungkapkan, pada kesempatan tersebut pihaknya menyalurkan bantuan berupa PKH plus triwulan II kepada 3.239 penerima, bantuan sosial tunai (BST) terhadap 22.215 penerima serta tambahan bantuan beras terhadap 55.395 orang yang notabene sebagai KPM PKH.

“Bantuan ini sebagai bentuk kehadiran pemerintah untuk meringankan beban KPM dalam memenuhi kebutuhan dasar hidupnya, terutama KPM yang terdampak PPKM ini,” kata Moch. Tarsun saat memberikan sambutan.

Sementara itu, Sekretaris Daerah Kabupaten Pamekasan, Ir. Totok Hartono menyampaikan, pemerintah pusat hingga pemerintah daerah telah berupaya maksimal dalam menangani pandemi COVID-19 yang saat ini melanda bangsa Indonesia. Tidak sebatas membuat regulasi penanganan COVID-19, melainkan juga memikirkan masyarakat terdampak dengan memberikan jaring jaminan sosial dan bantuan lainnya.

“Seperti yang kita lihat sekarang, ada PKH Plus yang sasarannya para lanjut usia, kemudian bantuan beras PPKM dengan 10 kilo gram beras per orang. Ini sebagai bentuk kehadiran pemerintah mencarikan solusi bagi masyarakat terdampak,” lanjut dia.

Baca juga:  SDN Kamoning II Terima Siswa Kelainan Mental

Dia meminta masyarakat untuk senantiasa mematuhi protokol kesehatan yang semula hanya 3 M saat ini bertambah menjadi 6 M, meliputi mencuci tangan di air mengalir, memakai masker, menjaga jarak, menghindari kerumunan, mengurangi mobilitas, dan menjaga tidak makan bersama.

Selain itu, dia berdoa agar wabah COVID-19 segera diangkat oleh Allah SWT supaya dapat melaksanakan aktivitas dengan lancar seperti semula.

Pantauan di lapangan, hadir dalam pemberian bantuan secara simbolis tersebut Sekretaris Daerah, Kapolres Pamekasan, Dandim 0826 Pamekasan, Kejari Pamekasan, Dinas Sosial, dan Perum Bulog Pamekasan.

“Kami bersama forkopimda telah bersatu padu dan bergotong royong bagaimana kita bisa melaksanakan protokol kesehatan yang ketat sebagaimana yang telah dicanangkan,” pungkasnya. (RUK/AW)