Pesta Rakyat Dan Lebaran Ketupat, Ini Harapan Bupati Sumenep

0
36
Lesehan: Bupati Sumenep beserta jajaran pimpinan OPD dan masyarakat saat makan ketupat. (Foto: Hendra/MI)

maduraindepth.com – Pemerintah Kabupaten (Pemkab) Sumenep menggelar pesta rakyat dalam rangka Visit Sumenep 2019.

Kegiatan tersebut ditempatkan di Pantai Slopeng, Sumenep, Madura, Jawa Timur pada Rabu (11/6/2019).

Masyarakat yang hadir dalam kegiatan tersebut disuguhi hidangan kuliner gratis. Sontak saja, makanan khas Sumenep yang berupa Lontong Orap habis diserbu warga.

Dalam sambutannya, Bupati Sumenep Busyro Karim menyampaikan banyak terima kasih kepada masyarakat yang telah ikut serta mensukseskan event Visit Sumenep 2019.

“Saya ingin berterimakasih kepada para elemen yang telah mempersiapkan acara ini, terutama masyarakat pesisir pantai Slopeng,” ujarnya, Rabu (12/6).

Bupati yang akrab disapa Buya ini menjelaskan, lebaran ketupat ini merupakan tradisi yang kental dalam kehidupan masyarakat Sumenep. Selain itu, lanjutnya, juga penyempurna saat selesai berpuasa sebulan penuh di bulan Ramadhan.

“Lebaran ketupat sebenarnya sangat penting untuk tetap dijaga dan dilestarikan. Tradisi seperti ini tentu menjadi penyempurna saat berpuasa di bulan Ramadhan,” kata Bupati dua periode tersebut.

Mantan ketua Dewan Perwakilan Rakyat Daerah (DPRD) Sumenep dua periode ini berharap agar program Visit selanjutnya harus lebih menarik dan baik dari sebelumnya.

“Event yang selanjutnya harus ada peningkatan dari yang sudah dilaksanakan dari tahun 2018 kemarin,” terangnya.

Sementara para wisatawan, sambungnya, semakin banyak dan Sumenep harus bisa memberikan wisata yang memadai tentunya. “Bagaimana dari luar Madura harus bisa ke Sumenep,” ujarnya optimis.

Tak lupa, Buya juga meminta kepada semua Organisasi Perangkat Daerah (OPD) agar ikut mendukung suksesnya visit Sumenep 2019.

“Jadi tidak hanya Disparbudpora yang menyukseskan acara ini, tapi semua OPD juga harus mendukung,” tutupnya. (MR/NR/MH)