Pendaftaran Bacaleg Tinggal Dua Hari, KPU Sampang Sebut Baru Empat Parpol yang Mengajukan

Pemilu 2024

Pendaftaran bacaleg pemilu 2024 kpu sampang
KPU Sampang saat menerima kedatangan salah satu Parpol yang mengajukan pendaftaran Bacaleg. (Foto: KPU Sampang for MID)

maduraindepth.com – Masa pendaftaran bakal calon legislatif (Bacaleg) masing-masing partai politik (Parpol) peserta pemilihan umum (Pemilu) 2024 bakal ditutup 14 Mei 2023 mendatang. Namun, hingga kini kurang dua hari pendaftaran ditutup, hanya ada empat partai yang sudah mendaftar ke KPU Sampang.

Ketua KPU Sampang, Addy Imansyah melalui Divisi Teknis Penyelenggara KPU, Siti Aisyah mengatakan, jelang batas waktu pendaftaran, baru tercatat empat Parpol yang datang daftarkan Bacalegnya. Dari 18 Parpol peserta pemilu 2024, terhitung sejak 11 Mei 2023, yang resmi mengajukan pendaftaran Bacaleg ke KPU Sampang yaitu, PDIP, NasDem, PKS, dan Partai PAN.

“Padahal penutupan pengajuan Bacaleg tersisa dua hari lagi, tapi sampai Jumat 12 Mei baru dua Parpol yang mendaftar, yaitu PAN dan PKS,” ungkapnya.

Lanjut Aisyah menambahkan, berkas Bacalag kedua parpol tersebut setelah dilakukan verifikasi ternyata sudah lengkap. Sehingga langsung diterima pengajuannya oleh KPU Sampang.

“Seluruh dokumen Parpol yang diajukan hari ini sudah lengkap, dan jumlah Bacaleg juga seratus persen memenuhi di Daerah Pemilihan (Dapil) yang tersebar,” ujarnya.

Kata Aisyah, KPU Sampang pada prinsipnya hanya tinggal menunggu pengajuan dari Parpol, jika sudah lengkap mulai dari Bacaleg dan dibuktikan dengan persetujuan DPP partai, maka bisa terverifikasi untuk selanjutnya mendaftar.

“KPU minta agar parpol yang belum mengajukan Bacaleg, agar dapat memanfaatkan waktu yang tersisa dengan maksimal,” pungkasnya. (Alim/*)

Baca juga:  Ikut Pawai Kemerdekaan, PPK dan PPS Waru Sosialisasikan Pemilu 2024

Dapatkan Informasi Menarik Lainnya Di Sini

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *