Pemkab Sampang Gelontorkan Rp 300 Juta untuk Penanganan PMK

Pmk sampang
Sapi milik warga Camplong. (FOTO: Dok. MI)

maduraindepth.com – Pemerintah Kabupaten (Pemkab) Sampang menggelontorkan dana sebesar Rp 300 juta untuk penyediaan vaksin penanganan Penyakit Mulut dan Kuku (PMK) pada hewan ternak sapi. Hal itu diungkapkan Sekdakab Yuliadi Setiawan.

Wawan menuturkan, penanganan PMK pada sapi sudah dilakukan melalui dinas terkait. “Kita pantau perkembangannya, mudah-mudahan bisa turun angka penularannya,” ujarnya.


Kata Wawan, sejauh ini pemerintah daerah menyadari keberlangsungan penanganan PMK sapi terus dilakukan dengan anggaran yang sudah ada. Tetapi pihaknya tidak menampik bahwa jika nantinya trend penyebaran masih naik maka penambahan anggaran akan dilakukan.

“Alhamdulillah vaksin sudah turun, artinya ketahanan hewan sudah terjadi, sehingga penyebaran itu bisa diminimalisir. Cuman yang divaksin adalah sapi yang sehat saja,” terangnya.

Ditanya terkait wacana mengganti sapi yang mati, Wawan menegaskan bahwa sejauh ini masih belum ada pemberitahuan surat resmi dari pemerintah pusat.

“Kami sudah dengar di pemberitaan, sapi yang mati akan diganti dengan nilai nominalnya Rp 10 juta untuk satu ekor sapi. Untuk juknisnya kita masih menunggu kepastian saja,” pungkasnya. (Alim/MH)

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here