Pemasangan Sheet Pile Untuk Mengurangi Debit Air Sungai Kemuning Sampang Saat Banjir

Sungai Sampang
Pemasangan sheet pile di bibir sungai Kelurahan Rongtengah , Sampang, satu tahun yang lalu. (Foto: Bidang Pengelolaan Sungai for MI)

maduraindepth.com – Dinas Pekerjaan Umum dan Penataan Ruang (PUPR) Sampang melalui Bidang Pengelolaan Sungai tahun ini membangun pemancangan sheet pile di sepanjang sisi kiri sungai Kemuning Sampang. Sheet pile dibangun di dua lokasi. Tepatnya di Kelurahan Dalpenang dan Rong Tengah.

“Pembangunan sheet pile dilakukan untuk mencegah banjir dan debit air di kawasan ini. Mengingat Sampang setiap tahunnya kalau musim hujan bisa banjir,” ujar Kasi Pemanfaatan dan Perlindungan Sungai Dinas PUPR Sampang Dwi Eko Harijanto, Senin (14/6).


Dia mengatakan, pembangunan sheet pile akan dimulai tahun 2021.

“Di Kelurahan Dalpenag tepatnya di Jalan Bahagia masih belum dimulai saat ini. Karena belum ada permintaan dari kelurahan. Secepatnya kami minta permohonan supaya segera dilaksanakan,” ungkapnya.

Eko menerangkan, saat ini yang sudah masuk ke Balai Besar Wilayah Sungai (BBWS) hanya surat dari Kelurahan Dalpenang dan Pasean. Sedangkan yang belum masuk hanya Kelurahan Rongtengah serta Polagan. Masih dalam tahap rencana.

“Anggaran sebesar Rp 63 miliar dikucurkan hanya untuk program pemancangan sheet pile saja, dengan tujuan mencegah banjir dan debit air dikawasan tersebut,” terang Eko.

Dijelaskan, sheet pile akan di bangun selebar 400 meter dari sisi Timur Delpenang. Setelah selesai kemungkinan akan dilanjutkan di sisi kiri Pasean sepanjang 400 meter ke samping. Sehingga ketika permukaan air Sungai Kemuning naik, permukiman warga diharapkan terbebas dari banjir.

Baca juga:  38 Kades Dilantik, Ketua DPRD Sampang : Selamat Menjalankan Tugas Sebagai Pemimpin Desa

“Yang dibutuhkan saat ini soal pembangunan floodway, perlu dilakukan karena kapasitas Sungai Kemuning jika intensitas hujan tinggi, hanya mampu menampung 46 persen debit air,” pungkasnya. (Alim/BAD)