Pemancangan Sheet Pile Sungai Kali Kamoning Ditargetkan Selesai Akhir Tahun 2021

maduraindepth.com – Pembangunan pengendali banjir Sungai Kali Kamoning, Sampang terus digenjot. Saat ini pemancangan sheet pile berlokasi di Kelurahan Rongtengah. Sekitar 170 meter sheet pile akan terpasang ke arah selatan Kelurahan Polagan.

Indah Sri Wahyuni, Kabid Pengelolaan Sungai Dinas Pekerjaan Umum dan Penataan Ruang (PUPR) Sampang, melalui Kasi Pemanfaatan dan Perlindungan Sungai Dwi Eko Harijanto mengatakan bahwa pemancangan semua sheet pile ditargetkan selesai akhir tahun 2021.


“Beberapa lokasi yang dibangun tahun ini mulai kelurahan Gunung Sekar, Banyuanyar, Polagan, Rongtengah, Dalpenang, Tanggumong dan Desa Pasean dengan anggaran Rp 63 Miliar,” jelasnya, Selasa (2/11).

Eko mengaku, sebelum dibangun sheet pile, sempat mendapat penolakan dari warga Kelurahan Rongtengah. Akibatnya, proses pembangunan pengendali banjir kali sungai Kamoning sempat mengalami kendala.

Setelah dilakukan komunikasi kembali antara warga dengan pihak BBWS Brantas, akhirnya sepakat untuk dilakukan pembangunan pemancangan sheet pile di kelurahan Rongtengah tersebut.

“Kami beri pemahaman, jika nanti banjir nasib rumah warga yang berada di dekat sungai Kamoning perlu diperhitungkan,” ujarnya.

Demi berlangsungnya proses pembangunan sheet pile, pihaknya berharap masyarakat Sampang ikut berpartisipasi dalam penanggulangan banjir di Sampang.

“Untuk pembebasan tanah bisa segera terealisasi tahun ini, supaya ke depan bisa melanjutkan pembangunan Sampang yang lebih baik,” harapnya. (Alim/Aw)