Lomba Mewarnai Sketsa Bung Karno, Cara Bupati Sumenep Kenalkan Sang Proklamator Kemerdekaan

Lomba mewarnai sketsa bung karno di sumenep
Sejumlah peserta Lomba Mewarnai Sketsa Bung Karno, Calendar of Event Sumenep 2024, di Wisata Kolam Renang Aloska Reborn, Kecamatan Kalianget, Minggu (9/6). (Foto: Ridho/MID)

maduraindepth.com – Pemerintah Kabupaten (Pemkab) Sumenep menggelar lomba mewarnai sketsa Bung Karno bagi anak-anak. Kegiatan yang masuk dalam program Calendar of Event 2024 itu, dilaksanakan di Wisata Kolam Renang Aloska Reborn, Kecamatan Kalianget, Minggu (9/6).

Bupati Sumenep Achmad Fauzi Wongsojudo mengungkapkan, semua peserta sudah disediakan sketsa bergambar Soekarno atau Presiden Indonesia pertama yang akrab disapa Bung Karno. Melalui kegiatan ini, peserta lomba menuangkan kreasi masing-masing dengan mewarnai sketsa yang telah disiapkan.

“Lomba mewarnai ini, sekaligus dalam rangka memperingati Juni sebagai Bulan Bung Karno,” ungkapnya.

Penyebutan Juni sebagai Bulan Bung Karno, karena Bapak Proklamator kemerdekaan Indonesia itu lahir di bulan Juni. Bahkan, akhir hayatnya juga bertepatan pada bulan tersebut. Dengan demikian, maka Juni disebut sebagai Bulan Bung Karno untuk lebih mudah mengenang jasa besarnya terhadap bangsa dan negara ini.

Bupati Fauzi juga menginginkan agar generasi muda di Kota Keris dapat mengenal sosok Presiden pertama Indonesia. Bahkan, hal itu dianggap penting untuk dikenalkan sejak usia dini.

“Anak-anakku sekalian, Soekarno adalah Presiden pertama republik ini yang telah membuka gerbang kemerdekaan,” ucapnya, kepada anak-anak peserta lomba mewarnai.

Atas perjuangan keras Bung Karno dan para pahlawan terdahulu, kata dia, maka Indonesia mampu terbebas dari penjajahan. Sehingga, bangsa ini dapat merasakan kemerdekaan dalam segala hal. Yaitu seperti yang telah dirasakan sekarang.

Baca juga:  Delapan Kyai di Sampang Akan Membina Mantan Pengikut Syiah, Berikut Daftarnya

“Anak-anak, jangan sampai lupa dengan perjuangan Bung Karno yang telah membebaskan bangsanya dari penjajahan,” ucapnya.

Upaya untuk mengenalkan sosok Bung Karno kepada generasi muda, bukan tanpa alasan. Bahkan, bukan sekadar untuk diketahui semata. Tetapi, semangat dan kegigihannya dalam membangun negeri ini, harus bisa diteladani.

“Kita semua harus cinta tanah air seperti Soekarno,” tegasnya.

Selain itu, kegiatan lomba mewarnai dalam program Calendar of Event Sumenep 2024 tersebut, juga bertujuan untuk melatih keterampilan peserta didik. Sehingga, dapat berkreasi sesuai bakat dan imajinasi masing-masing.

“Saya sampaikan terima kasih kepada seluruh elemen masyarakat, yang telah menyukseskan acara ini. Terutama, kepada para orang tua peserta mewarnai,” pungkasnya. (bus/*)

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *