Launching Kalender Event 2021, Pemkab Sampang Optimis Sektor Wisata Akan Maju

Bupati Sampang H. Slamet Junaidi menabuh gong sebagai tanda dilaunchingnya kalender event 2021, Senin (1/3) lalu. (Foto: Arif/MI)

maduraindepth.com – Bupati H. Slamet Junaidi optimis Kabupaten Sampang akan lebih maju melalui sektor pariwisata. Hal itu disampaikan saat melaunching Kalender Event Pariwisata Tahun 2021 beberapa waktu lalu di halaman Pendopo Trunojoyo Sampang, Senin malam (1/3/2021).

Acara yang dikemas dengan sajian seni budaya lokal ini juga dihadiri Wakil Bupati Sampang H. Abdullah Hidayat, Sekretaris Daerah (Sekda) H. Yuliadi Setiawan, Forum Komunikasi Pimpinan Daerah (Forkopimda), Kepala organisasi perangkat daerah (OPD) di lingkungan Pemkab Sampang, Disporabudpar Provinsi Jawa Timur, Kepala Disporabudpar se Madura, ketua Perhimpunan Hotel dan Restoran Indonesia (PHRI) Jawa Timur, ketua Himpunan Pramuwisata Indonesia, Ketua Asosiasi Indonesia Tour and Travel, dan ketua Asosiasi Pariwisata Madura.


“Pada intinya, secara umum bagaimana kita menjual Madura secara utuh melalui wisatanya. Dari empat Kabupaten, saya berharap ada kebersamaan dalam persepsi membangun pariwisata,” terang H Idi.

Selain itu, lanjut H Idi, dalam Kalender Event tersebut ada 44 macam jenis kegiatan yang akan digelar selama tahun 2021. Untuk itu Ia berharap ada sinergitas dari masing masing Organisasi Perangkat Daerah (OPD) untuk dapat menarik minat para wisatawan lokal maupun nasional.

“Kami ingin ada sinergi yang kuat dari seluruh OPD dalam upaya mendorong dan meningkatkan minat wisatawan,” terangnya.

Bupati H. Slamet Junaidi memberikan sambutan pada launching kalender event 2021 sektor wisata dan budaya kabupaten Sampang di halaman Pendopo Trunojoyo beberapa waktu lalu. (Foto: Arif/MI)

Sementara, pelaksana tugas (Plt) Dinas Pemuda, Olahraga, Kebudayaan dan Pariwisata (Disporabudpar) Sampang, Marnilem mengungkapkan, pada tahun 2021, Pemerintah Kabupaten (Pemkab) akan serius mengeksplorasi destinasi wisata melalui berbagai pagelaran. Sebanyak 44 kegiatan telah tersusun dalam Kalender Event 2021 berkaitan dengan sektor budaya, pariwisata, olahraga dan kuliner. Latar belakang dari pagelaran itu bermaksud untuk pertumbuhan ekonomi.

Baca juga:  Kunjungi Pulau Mandangin, Sony Dwi Kuncoro Beri Pelatihan Bulutangkis

“Di tahun ini, kami kemas lebih menonjol dan mengeksplorasikan objek wisata di Sampang. Tahun sebelumnya kalender event digunakan kerapan sapi, dan hari jadi Sampang,” katanya.

Marnilem menambahkan, destinasi wisata di Sampang tidak kalah menarik dibandingkan objek wisata daerah lainnya. Sampang, ucap dia, memiliki banyak wisata yang berpotensi yang dapat menarik para wisatawan. Semisal, Pantai Lon Malang, Air Terjun Toroan, Pantai Camplong serta wisata religi.

“Kami ditargetkan akan banyak wisatawan yang akan berkunjung ke Sampang, dan mendongkrak perekonomian masyarakat,” ujar Marnilem. (RIF/AW)