banner auto
banner auto

KPU Sampang Pastikan Hasil Tes CAT Calon Anggota PPK Pemilu 2024 Sudah Transparan dan Akuntabel

Peserta calon PPK Pemilu 2024 melihat hasil tes CAT di papan pengumuman. (FOTO: Agus Wedi/MI)

maduraindepth.com – Komisi Pemilihan Umum (KPU) Kabupaten Sampang pastikan hasil tes tertulis berbasis Computer Assisted Test (CAT) bagi calon anggota Panitia Pemilihan Kecamatan (PPK) Pemilu 2024 sudah akuntabel dan transparan. Hal itu dibuktikan dengan langsung munculnya nilai hasil tes peserta setelah tahap seleksi.

Ketua KPU Kabupaten Sampang, Addy Imansyah menyampaikan, tes tertulis CAT bagi calon anggota PPK Pemilu 2024 sudah selesai digelar. Tes berlangsung di Poltera Sampang, pada Selasa (6/11) kemarin selama satu hari dan dibagi sebanyak 6 sesi.

“Pelaksanaan tes CAT bagi calon anggota PPK Pemilu 2024 kali ini sesuai prinsip terbuka, kapasitas dan kapabilitas peserta,” ujarnya, Rabu (7/11).

Menurut Addy, akuntabilitas dan transparansi tersebut dibuktikan dengan langsung mempublikasikan hasil tes peserta, setelah selesai melaksanakan tes tertulis CAT calon anggota PPK Pemilu 2024.

“Setiap sesi tes kami publikasikan hasil nilainya kepada peserta, sekitar durasi 15 menit dari ujian nilai langsung keluar dari server lalu kami download dan cetak,” ungkapnya pada maduraindepth.com.

Bahkan, kata Addy, seluruh sekretariat KPU Kabupaten Sampang sendiri tidak mengetahui nilainya berapa. Sebab, server mengeluarkan hasil nilai tes itu secara otomatis.

“Kami hanya bisa mencetak file nilai hasil tes dalam bentuk PDF untuk diinfokan ke peserta, setelah nilai keluar langsung ditempel,” ungkapnya.

Addy menyampaikan, hal itu dilakukan dalam rangka memastikan transparansi dan akuntabilitas, serta tidak ada permainan untuk mengubah hasil tes. “Peserta bisa melihat langsung hasil tes dan bisa merekam,” singkatnya.

Namun, sebelumnya petugas tes CAT PPK Pemilu 2024 memberikan himbauan kepada peserta, terkait penandatanganan surat pernyataan kesediaan untuk mempublish hasil nilai setelah tes selesai.

“Kami sediakan surat pernyataan agar saat dipublis nilainya, peserta tidak protes pada hasilnya. Tetapi, kami tidak mempublish di media sosial hanya di lokasi tes CAT saja,” terangnya.

Komisioner Divisi Perencanaan, Data dan Informasi KPU Sampang, Aliyanto menambahkan, setelah selesai tes CAT anggota PPK Pemilu 2024 file nilai akan didownload langsung.

“Filenya ada dua bentuk, satunya tidak bisa dilihat nilainya dan langsung masuk ke aplikasi SIAKDA, satunya lagi berbentuk PDF itu yang kami download untuk diperlihatkan ke peserta setalah tes selsai,” ujarnya.

Alasan pihaknya mengeluarkan langsung hasil nilai tes, agar peserta dan masyarakat tidak bertanya bagaimana mekanisme hasil tes ujian tertulis CAT calon anggota PPK Pemilu 2024.

“Kita sudah putuskan saat sidang pleno, kalau setiap sesi tes selesai nilai langsung dikeluarkan, artinya tidak harus menunggu semua sesi tes selesai,” jelasnya.

Hal lain yang menjadi berbeda pada pelaksanaan tes tulis CAT calon anggota PPK Pemilu 2024 kali ini adalah, jajaran komisioner KPU Sampang tidak bisa membuka soal ujian yang sudah dibuat oleh KPU RI.

“Server dibuat oleh masing-masing KPU Kabupaten atau Kota, dari KPU RI mengirim soal masuk ke server kurang tiga jam dari waktu pelaksanaan tes CAT, hanya peserta yang bisa membuka menggunakan username dan password berdasarkan NIK,” kata Aliyanto.

Dijelaskan, ketika username dan password dibuka maka otomatis sudah terekam dan itu hanya peserta yang bisa. Oleh seba itu, saat mengerjakan soal, peserta dilarang menekan tombol simpan sebelum semua soal terjawab.

“Hasilnya langsung terekam dan sulit untuk dikembalikan lagi karena soal hanya bisa dibuka satu kali saja, meski satu soal yang dikerjakan dan mau kembali itu tetap tidak bisa,” imbuhnya.

Aliyanto menyebut, sebelumnya petugas sudah memberitahu kepada peserta terkait server tersebut. Sehingga meminimalisir terjadinya kesalahan saat mengerjakan soal, sesuai aturan yang ada.

“Kalau ada peserta yang lupa pencet tombol simpan sebelum semua soal terjawab, kami akan mintai keterangan dan toleransi, tetapi tidak menambah waktu tes,” pungkasnya. (Alim/MH)

banner auto banner auto

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan.

WhatsApp Kirim Info