Kembangkan Bakat dan Minat Santri, Kemenag Sampang Gelar Porsadin

Kepala Kankemenag Sampang, Moh Ersyad memberikan sambutan pada pembukaan Pekan Olahraga dan Seni antar Diniyah (Porsadin) di MAN Sampang, Senin (4/7). (Foto: Humas Kemenag)

maduraindepth.com – Kantor Kementerian Agama (Kemenag) Kabupaten Sampang menggelar Pekan Olahraga dan Seni Antar Diniyah (Porsadin). Sebanyak 14 cabang olahraga tingkat Madrasah Diniyah Takmiliyah se-Kabupaten Sampang dilombakan, Senin (4/7) kemarin.

Porsadin 2022 ini digelar di Madrasah Aliyah Negeri (MAN) Sampang. Kegiatan tersebut bekerjasama dengan Pendidikan Diniyah dan Pondok Pesantren se-Kota Bahari.


Kepala Kemenag Sampang, Moh. Ersyad menyampaikan, kegiatan Porsadin 2022 merupakan ajang silaturahim antar lembaga atau madrasah dalam pencarian bakat peserta didik yang unggul di setiap cabang olahraga dan seni.

“Melalui Kasi Pendidikan Diniyah dan Pondok Pesantren (PD Pontren) kegiatan Porsadin ini bertujuan mengasah kemampuan anak didik, sejauh mana kegiatan yang ada di Madrasah masing-masing,” ucapnya.

Moh. Ersyad menambahkan, Madrasah Diniyah yang ada di Kabupaten Sampang harus mampu berdaya saing, baik dalam bidang seni maupun cabang olahraga yang lain.

“Nantinya bagi juara satu di tingkat Kabupaten, akan dikirim ke tingkat Provinsi dan mampu bersaing dengan Lembaga atau Madrasah lainnya, lebih-lebih di tingkat Nasional,“ ungkapnya.

Melalui Porsadin, Ersyad berharap setiap lembaga atau Madrasah yang ada di Kota Bahari dapat mengambil pembelajaran untuk perbaikan di ajang PORSADIN berikutnya.

“Semoga anak didik kita yang ada di Madrasah, terus dicetak jadi lulusan yang profesional, berguna bagi masyarakat, Agama, Nusa dan Bangsa,” harapnya.

Baca juga:  Ini Alasan Pelaku Hoaks Bupati Ditangguhkan Penahanannya

Sementara, Kasi PD Pontren Kantor Kemenag Sampang, Imam Mahmudi bersyukur syukur kegiatan Porsadin 2022 bisa dilaksanakan, sehingga mampu memberikan pelajaran mental bagi peserta didik yang ada di lingkungan Madrasah Diniyah Takmiliyah di Kabupaten Sampang.

“Menuju santri untuk Indonesia, bersama Madrasah Diniyah membangun karakter bangsa kembangkan potensi diri raih prestasi,“ pungkasnya.

Sekedar informasi, Porsadin 2022 diikuti peserta didik dari Madrasah Diniyah Takmiliyah di 14 Kecamatan se-Kabupaten Sampang. Terdapat 14 cabang olahraga dan seni, diantaranya:

1. MTQ
2. MQK Safinatunnajah
3. Tahfidz Juz Amma
4. Puisi Islami
5. Kaligrafi
6. Murottal Wal Imla’
7. Cerdas Cermat
8. Pidato Bahasa Indonesia
9. Pidato Bahasa Arab
10. Catur Cepat
11. Bulu Tangkis Single
12. Bulu Tangkis Double
13. Lari Sprint 60 m
14. Lari Sprint 80 m. (Alim/AW)

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here