Jurnalis di Sampang Gelar Upacara HUT RI 77 di Nepa

Jurnalis Sampang
AJS bersama pelajar di Desa Batioh, Kecamatan Banyuates, Sampang melangsungkan upacara HUT RI ke-77 di pesisir pantai utara Hutan Kera Nepa, Rabu, 17 Agustus 2022. (FOTO: AJS for MI)

maduraindepth.com – Insan pers yang tergabung dalam Aliansi Jurnalis Sampang (AJS) melakukan upacara di pesisir pantai utara, tepatnya di Hutan Kera Nepa, Desa Batioh, Kecamatan Banyuates, Rabu (17/8).

Alasan AJS bersama pelajar desa setempat menggelar upacara HUT RI ke-77 di Hutan Kera Nepa tidak hanya banyak kera. Sebab lokasi tersebut dinilai merupakan tempat bersejarah, yakni sejarah keberadaan Raden Segoro yang pernah hidup di pesisir utara.

Rombongan wartawan berangkat ke lokasi satu hari sebelum pelaksanaan upacara peringatan HUT RI. Berangkat dari pusat Kota Sampang harus menempuh perjalanan kurang lebih satu jam setengah.

Sesampainya di lokasi, para jurnalis mendirikan tenda dan bermalam di pinggir pantai sembari menjalin keakraban dengan warga sekitar untuk saling tukar informasi.

Tepat tanggal 17 Agustus 2022, semua anggota AJS melakukan persiapan upacara dengan melakukan gladi bersih. Upacara kemudian dimulai pukul 09.45 WIB, kemudian mengibarkan bendera di tepi pantai yang berdekatan dengan pintu gerbang masuk hutan kera.

“Biasanya liputan momen-momen peringatan HUT kemerdekaan. Tapi kali ini kami berupaya beda dengan menggelar upacara sendiri bersama sejumlah siswa di pedesaan,” ucap Ketua AJS, Abdul Wahed.

Wahed menambahkan, alasan melaksanakan upacara HUT RI ke-77 di pantai utara dekat hutan nepa untuk mengekspos pesona pantai pasir putih yang kurang diberdayakan sebagai lokasi wisata impian di Sampang.

Sambungnya, momentum HUT Kemerdekaan RI menjadi kesempatan bersama untuk mengingat kembali perjuangan para pahlawan merebut kemerdekaan.

“Kami bangga bisa menggelar upacara hari kemerdekaan RI ke-77, semoga kegiatan ini mengingatkan kembali pada masyarakat dan siswa di pedesaan tentang jasa pahlawan merebut kemerdekaan,” pungkasnya. (Alim/MH)

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan.

WhatsApp Kirim Info