banner auto

Jadwal dan Cara Daftar Mudik Gratis dari Jakarta dan Surabaya Menuju Pamekasan pada Lebaran Idul Fitri 2023

jadwal mudik gratis lebaran hari raya idul fitri 2023 pamekasan
Ilustrasi mudik lebaran. (Foto: IST)

maduraindepth.com – Pemerintah Provinsi (Pemprov) Jawa Timur (Jatim) kembali menyediakan program mudik gratis tahun ini. Termasuk untuk warga Kabupaten Pamekasan, Madura, yang ada di wilayah Surabaya, Jakarta dan sekitarnya dapat memanfaatkan fasilitas mudik gratis menyambut hari raya Idul Fitri 2023.

Melalui program tersebut, masyarakat bisa berlebaran bersama keluarga tanpa mengeluarkan biaya ongkos pulang ke kampung halaman. Bahkan, tidak hanya mudik gratis, fasilitas dari Pemprov Jatim tersebut juga menyediakan armada bus pada arus balik lebaran gratis ke dua arah tersebut.

“Mudik gratis ini dilaksanakan untuk area Jawa Timur pada 19 april 2023, ini diberangkatkan dari kantor Dinas Perhubungan Jawa Timur sebanyak 90 bus menuju 20 kabupaten/kota se Jawa Timur. Termasuk Madura dan Pamekasan,” terang Kepala Dinas Perhubungan (Dishub) Pamekasan, Basri Yulianto, Rabu (5/4).

Diterangkan, bagi warga Madura, khususnya Pamekasan yang ada di wilayah Jakarta, mudik gratis dijadwalkan pada 18 April 2023 dengan titik kumpul pemberangkatan di Taman Mini Indonesia Indah Jakarta Timur menuju Jawa Timur. Pemerintah menyediakan sebanyak 20 armada bus pada jadwal keberangkatan tersebut.

“Untuk baliknya nanti (dari Jawa Timur ke Jakarta) disediakan 14 bus, Pemprov Jawa Timur juga menyediakan 37 bus untuk stakeholder tertentu. Masyarakat sudah dipermudah, jadi silahkan,” terangnya.

Baca juga:  Berikut Jadwal Kapal Gratis Pemkab Sumenep untuk Arus Balik Lebaran 2023

Pendaftaran mudik gratis pada lebaran Idul Fitri 2023 mulai 27 Maret sampai 10 April 2023. Calon pemudik bisa mendaftar secara online di website mudikgratis.dishub.jatimprov.go.id.

Basri menambahkan, dalam website tersebut telah dijelaskan persyaratan lengkap kepada masyarakat agar dapat memanfaatkan program itu dengan baik. Termasuk rute yang akan dilalui armada mudik gratis tersebut. Dia meminta masyarakat tidak mudah percaya atas informasi yang beredar di media sosial tentang mudik gratis.

“Untuk warga Madura dan Pamekasan jangan khawatir, mudik gratis ini sudah diprogramkan Pemprov Jatim. Harapannya masyarakat untuk lebih bijak menerima informasi, karena berita terkadang ada yang benar, ada yang hoax dan lain sebagainya,” pungkasnya. (*)

Dapatkan Informasi Menarik Lainnya Di Sini

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

banner auto