Pemkab Sumenep Siapkan Pelayanan Mudik Lebaran Gratis ke Kepulauan

Salah satu kapal perintis saat hendak bersandar di Pelabuhan Kalianget, Sumenep. (Foto: Ridho M Subastian/MID)

maduraindepth.com – Sebagai wujud komitmen untuk memberikan pelayanan terbaik kepada masyarakat, tahun ini Pemerintah Kabupaten (Pemkab) Sumenep kembali memprogramkan mudik lebaran gratis 2024. Salah satunya, menggratiskan tiket kapal saat mudik lebaran Idul Fitri 1445 Hijriyah.

Perlu diketahui, mudik lebaran gratis berlaku untuk moda transportasi laut, dengan rute Pelabuhan Kalianget menuju wilayah kepulauan di Sumenep. Seperti Pulau Sapudi, Raas, dan Kangean.

banner auto

Kepala Dinas Perumahan Rakyat, Kawasan Permukiman dan Perhubungan Kabupaten Sumenep, Yayak Nurwahyudi menjelaskan, untuk realisasi program tiket kapal gratis saat ini masih dalam koordinasi dengan berbagai pihak.

“Biaya tiketnya nanti kita yang bayar. Semisal satu kapal itu membawa 400 orang penumpang jadi kita bayar sesuai jumlah itu,” kata Yayak, Kamis (21/3).

Menurut dia, salah satu yang masih dalam pembahasan yakni tentang jadwal keberangkatan kapal serta waktu pemberlakuan program tersebut. Sehingga saat penerapan semua berjalan tanpa kendala.

“Mengenai pemberlakuannya kita masih tunggu jadwal kapal, biasanya akhir bulan kita terima. Jadi kita tunggu jadwal kapal dari setiap perusahaan dulu,” ungkapnya.

Program menggratiskan tiket kapal diambil Pemkab Sumenep bertujuan untuk meringankan beban masyarakat. Selain itu sebagai bentuk pelayanan dan menghindari terjadinya penumpukan penumpang di pelabuhan saat momen mudik lebaran tahun ini. (*)

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

banner auto