HPN 2021, Ketua FWP: Jaga Mutu Jurnalistik

HPN 2021
Ketua FWP Dedy Priyanto. (Foto: Umarul Faruk/MI)

maduraindepth.com– Pada peringatan Hari Pers Nasional (HPN) 2021, Forum Wartawan Pamekasan (FWP) mengingatkan insan pers agar tidak patah semangat. FWP juga mengajak para jurnalis terus berjuang menjaga mutu jurnalistik di tengah wabah Covid-19 sebagai sumber informasi yang dibutuhkan masyarakat.

Ketua FWP Dedy Priyanto menjelaskan, aspek finansial industri media massa melemah. Kondisi tersebut menurut dia ikut menjadi kendala bagi sebagian jurnalis dalam melaksanakan tugas sebagai pilar keempat demokrasi.


Di sisi lain, banyaknya berita bohong khususnya tetang wabah Covid-19 di tengah masyarakat menuntut pers bisa menyajikan karya jurnalistik yang berkualitas. “Saya berharap teman-teman pers tetap bertahan menjadi penyalur informasi yang berkualitas meski di tengah himpitan ekonomi akibat pandemi,” ucapnya, Selasa (9/2).

Dedy mengatakan, wabah Covid-19 berdampak luas ke berbagai sektor. Dampak paling nyata yakni pada sektor perekonomian. Oleh karena itu, dia berharap pers bisa membantu pemulihan ekonomi khususnya di daerah sesuai dengan profesi yang digeluti.

Salah satunya dengan aktif memberitakan produk-produk asli daerah Pamekasan. Tujuannya, agar produk lokal tetap bisa bertahan dalam menjalankan roda ekonomi kreatif dan dibantu dipasarkan secara online.

“Dalam rangka perigatan HPN 2021 ini, sesuai dengan tema bangkit dari pandemi. Pamekasan gerbang pemulihan ekonomi, bersama pers sebagai akserator perubahan.

Baca juga:  Pulihkan Ekonomi, Pasar Malam di Pamekasan Bakal Dibuka Pada Oktober

Selain itu, lanjut Dedy, insan pers diharapkan tetap mematuhi protokol kesehatan dalam menjalankan tugas. Seperti menggunakan masker, menjaga jarak, mengurangi mobilitas, menghindari kerumunan dan rajin mencuci tangan.

“Tetap disiplin dalam menjalankan protokol kesehatan. Karena kita menjadi contoh bagi masyarakat dalam menjalankan 5 M,” tutup Dedy. (RUK/BAD)