H-7 Lebaran, Jumlah Pemudik Asal Kepulauan Sumenep di Pelabuhan Kalianget Meningkat

Penumpang kapal mudik lebaran idul fitri kepulauan sumenep di pelabuhan kalianget
Ratusan calon penumpang kapal saat berada di Pelabuhan Kalianget Sumenep untuk mudik lebaran. (Foto: Ridho M Subastian/MID)

maduraindepth.com – H-7 lebaran, jumlah calon penumpang asal kepulauan yang hendak mudik Idul Fitri 2023 di Pelabuhan Kalianget Sumenep mengalami peningkatan. Bahkan, antrean dan penumpukan calon penumpang mulai terlihat, Sabtu (15/4).

Pantauan di lokasi, ratusan calon penumpang yang hendak mudik lebaran ke kepulauan di Sumenep berdesak-desakan untuk membeli tiket. Tak hanya itu, para pemudik juga terlihat berebut untuk bisa naik ke kapal yang akan berangkat, seperti rute Kalianget-Kangean.

Selain itu, beberapa calon penumpang juga memilih duduk dan berpanas-panasan di area parkir Terminal Pelabuhan Kalianget sembari menunggu jadwal keberangkatan kapal lainnya. “Orang-orang sudah mau pulang ke kampung halaman semua,” ujar Taufik, salah satu calon penumpang asal Kecamatan Arjasa, Kangean.

Dia mengaku sudah berada di Pelabuhan Kalianget sejak seusai shalat Subuh. “Kalau gak berangkat lebih awal ke pelabuhan khawatir gak kebagian tiket,” ucap ayah dari tiga anak ini.

Sementara itu, Kabid Lalu Lintas dan Angkutan Dinas Perumahan Rakyat, Kawasan Permukiman, dan Perhubungan (Disperkimhub) Sumenep, Mohammad Tayyib menjelaskan, arus mudik ke wilayah Kepulauan Sumenep sudah terjadi sejak H-10 lebaran. Bahkan tak sedikit warga kepulauan yang memilih pulang ke kampung halaman lebih awal untuk menghindari desak-desakan.

“Mendekati momen lebaran diperkirakan jumlah pemudik akan terus bertambah,” paparnya.

Baca juga:  Berkas Kasus Oknum Kyai Cabuli Santriwati di Bangkalan Akan Disidangkan

Dia menambahkan, untuk membantu masyarakat, pemerintah daerah juga memprogramkan mudik lebaran gratis 2023. “Mudik gratis untuk tujuan kepulauan, seperti ke Masalembu, Kangean, dan Sapeken,” pungkasnya. (*)

Dapatkan Informasi Menarik Lainnya Di Sini

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

banner auto