GP Ansor se-Madura Kunjungi Rumah Ibunda Mahfud MD, Untuk Ini

Ansor se Madura
Kunjungan GP Ansor se Madura di rumah Siti Khodijah, Ibunda Mahfud MD. (FOTO: Ist)

maduraindepth.com – Gerakan Pemuda (GP) Ansor se Madura mengunjungi rumah ibunda Menkopolhukam Mahfud MD, Ibu Siti Khodijah di Jalan Dirgahayu, Bugih, Pamekasan. Kunjungan dilakukan tidak lama setelah tindakan persekusi oleh sejumlah gerombolan massa yang mengatasnamakan umat Islam Pamekasan.

Ketua GP Ansor Pamekasan Syafiuddin menyampaikan, kunjungan dilakukan guna memastikan keamanan dan kondusifitas di rumah Ibunda Menkopolhukam Mahfud MD. Di sisi lain, turunnya pimpinan Ansor se Madura tersebut juga merupakan instruksi langsung dari pimpinan pusat GP Ansor Yaqut Cholil Qoumas, agar menjaga rumah Ibu Khodijah dari tindakan persekusi.


“Maksud kehadiran kita disini, untuk memastikan keamanan, serta keselamatan ibunda bapak Mahfud MD,” katanya, Jumat (4/12) malam.

Menurutnya, tindakan penggerudukan yang mengatasnamakan umat Islam Pamekasan pada 1 Desember lalu mengganggu kondusifitas dan bertentangan dengan falsafah orang Madura, yang penuh hormat. Dari itu, pihaknya mengutus puluhan pasukan Banser untuk menjaga keamanan rumah Siti Khodijah.

“Kedepankan yang menjadi falsafah Madura, Bhuppak Bheubuk Ghuru Rato,” ujarnya.

Sementara Ketua GP Ansor Sampang Khoiron Zaini mengatakan, selain karena instruksi dari pimpinan pusat, kedatangan GP Ansor se Madura atas dasar kemanusiaan untuk memberikan rasa keamanan kepada ibunda Mahfud MD. “Dalam menjaga kondusifitas yang ada, ini panggilan hati kami,” tuturnya.

Dia menghawatirkan, tindakan persekusi yang mengatasnamakan umat Islam Pamekasan terulang kembali. “Kita khawatir kedepan akan muncul pergerakan yang keluar dari adat kemaduraan dan keluar dari Islam yang kita anut di Madura,” terangnya.

Baca juga:  Pro-Kontra Gerakan People Power di Kalangan Tokoh Madura

Sehingga, lanjut Zaini, GP Ansor Sampang siap menjaga kondusifitas dan keamanan rumah Siti Khodijah sesuai dengan instruksi GP Ansor Pamekasan.

Diketahui dalam kunjungan tersebut, turut hadir Ketua GP Ansor Qumri Rahman dan Perwakilan dari Ketua GP Ansor Bangkalan Ra Hasani Zubair. (RUK/MH)