Gerakan Trash Hero Madura, Langkah Awal Dukung Pemkab Sampang Wujudkan Destinasi Wisata

0
53
Trash Hero Madura
Relawan lingkungan Kabupaten Sampang saat melakukan bersih-bersih di Pantai Pulau Mandangin, Sabtu 28 Desember 2019. (Foto: RIF/MI)

maduraindepth.com – Gerakan Sosial Trash Hero Madura menggelar aksi bersih-bersih di Pulau Mandangin, Sampang, Madura, Jawa Timur, Sabtu (28/12/2019). Kegiatan ini merupakan bentuk dukungan kepada Pemkab Sampang yang akan menjadikan Pulau Mandangin sebagai salah satu destinasi di kabupaten berjuluk kota Bahari ini.

Ketua Karang Taruna Kabupaten Sampang, Moh. Jakfar mengatakan, seiring dengan akan dijadikannya Pulau Mandangin sebagai objek wisata prioritas, diharapkan masyarakat setempat bisa bersinergi dengan pemerintah. Sebab apabila tidak saling menjaga, maka upaya yang dilakukan pemerintah tidak akan seimbang.

Dia mengajak masyarakat setempat bisa menjaga kebersihan lingkungan dengan cara ikut merasa memiliki daerah kepulauan yang akan dijadikan objek wisata ini. “Pemerintah yang membangun, masyarakat yang menjaga, dengan begitu objek wisata dapat bertahan dan terlebih bisa terus dapat dikembangkan. Kedepan kami bersama pegadaian syariah akan membangun gapura selamat datang di pulau mandangin,” tandasnya.

Sementara itu, Ketua Lintas Media Sampang (LMS) Hernandi Kusumahadi mengatakan, LMS ikut andil dalam kegiatan bersih-bersih ini sebagai bentuk partisipasi dalam mensukseskan kegiatan Trans Hero Madura.

“Karena kegiatan ini sangat positif dan berdampak langsung kepada masyarakat,”Tegasnya.

Lebih lanjut Ketua LMS yang kerap di Sapa Dedet tersebut mengatakan, bentuk dukungan LMS terhadap kegiatan Trash Hero Madura merupakan sebuah apresiasi, dimana dalam aksi tersebut diikuti oleh pemuda-pemuda kreatif dan edukatif. “Selama kegiatannya positif dan berdampak manfaat bagi masyarakat, LMS akan terus memberikan suportnya. Karena hal ini sudah merupakan kesepakatan dalam forum internal LMS,” ujarnya.

Sekedar diketahui, dalam aksi Trash Hero Madura, mendapat dukungan dari Pegadaian Syariah. Dalam aksinya, gerakan bersih-bersih diikuti oleh Taruna Siaga Bencana (Tagana) Sampang, Kampung Siaga Bencana (KSB), BKNU, FKMSB Wilayah Sampang, Tunas Hijau SMAN 1 Sampang, Stikes Nata Sampang, IGMAG, dan DEMA IAI Ketapang.

Selain itu, turut serta dalam kegiatan ini, Lintas Media Sampang (LMS) yang dikomandoi oleh Hernandi Kusuma Hadi selaku Ketua. Selanjutnya beberapa Anggota DPRD Sampang, Moh. Iqbal Fatoni dan Muhamad Faruk.

Kegiatan ini juga mendapat dukungan dari Pemerintah Kabupaten Sampang. Yakni Dinas Lingkungan Hidup (DLH) Kabupaten Sampang, BPBD Sampang, Dinas Kelautan dan Perikanan Sampang, Dinas Sosial (Dinsos) Sampang, dan Kepala Desa Pulau Mandangin. (RIF/MH)