Fakta Terbaru Kapal Muatan Garam yang Tenggelam di Perairan Gili Raja Sumenep

Kapal muatan garam tenggelam di perairan gili raja sumenep
Tim Basarnas Sumenep saat melakukan upaya pencarian korban kapal tenggelam di sekitar perairan Gili Raja, Kecamatan Giligenting, Sumenep. (Foto: IST)

maduraindepth.com – Upaya pencarian korban kapal tenggelam dengan nama KM Jaya Makmur di Selatan perairan Gili Raja, Kecamatan Gili Genting, Sumenep, terus dilakukan. Berdasarkan informasi, satu dari tiga anak buah kapal (ABK) masih belum ditemukan hingga Kamis (4/5).

Seperti diketahui, kapal bermuatan garam sebanyak 850 karung berangkat dari arah Pelabuhan Sreseh, Kecamatan Sampang, Madura menuju Panarukan Paiton tenggelam di perairan Pulau Gili Raja, Gili Genting, Sumenep, Rabu (3/5). Dua orang yang selamat bernama Dofir (60), dan Abdussalam (50). Sedangkan korban hilang bernama Eko (31).

Dua awak kapal yang tenggelam ditolong oleh petugas AHT Logindo dari HCML yang tengah berpatroli. Melihat kapal yang tenggelam, tim langsung melakukan proses evakuasi.

Kepala Kesyahbandaran dan Otoritas Pelabuhan (KSOP) Kalianget, Taufikurrahman mengatakan, usai menerima informasi mengenai peristiwa tersebut pihaknya langsung berkoordinasi dengan Basarnas Sumenep. Kemudian lanjut dilakukan upaya pencarian korban yang hilang.

“Untuk dua korban selamat dievakuasi tim AHT Logindo yang bertugas pada perusahaan migas HCML,” jelasnya.

Sementara itu, Kasi Humas Polres Sumenep AKP Widiarti menambahkan, kapal KM Jaya Makmur GT30 yang tenggelam saat ini dalam penanganan Sat Polairud Polres Sumenep dan Ditpolairud Polda Jatim.

Diterangkan, kronologi bermula pada Rabu 3 Mei 2023 sekitar Pukul 13.55 saat TB. Logindo Progress melaksanakan tugas rutin, yaitu melakukan pengontrolan dan pengawasan rig pengeboran sumur migas HCML MAC. Kemudian melihat sebuah kapal kayu yang sedang mengalami kemiringan dan tenggelam.

Baca juga:  Hasil Pencarian Hari Kedua, Tiga Korban Tenggelam di Sumenep Belum Ditemukan

“Kemudian TB. Logindo Progress melakukan upaya pertolongan terhadap Awak kapal yang selamat sebanyak 2 orang sedangkan 1 orang belum diketemukan,” ucapnya.

Setelah itu, lanjut dia, pada pukul 15.55 TB Logindo Progress masih melakukan melakukan pencarian korban yang hilang. Ketiga korban sama-sama berasal dari Pelabuhan Sreseh, Sampang.

Widiarti menyebut, tim gabungan Sat Polairud Polres Sumenep, BKO Ditpolairud Polda Jatim, TNI AL dan BASARNAS dengan menggunakan Kapal Speed RIB melakukan penjemputan terhadap 2 awak kapal KM. Jaya Makmur yang selamat di kapal TB. Logindo Progress yang sandar di pengeboran sumur migas HCML MAC di perairan Gili raja, Kecamatan Giligenting Kab. Sumenep, Kamis (4/5). Selanjutnya dibawa menuju Pelabuhan Kalianget dan dilakukan tindakan medis.

“Kerugian materil ditaksir mencapai Rp 250 juta. Termasuk satu korban yang belum ditemukan,” pungkasnya. (*)

Dapatkan Informasi Menarik Lainnya Di Sini

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *