DPRD Lakukan Sidak, Ini Respon Direktur RSUD Sumenep

DPRD Sumenep Sidak
Ketua sementara DPRD Sumenep, saat melakukan Sidak didampingi Direktur RSUD Sumenep. (Foto: MR/MI)

maduraindepth.com – Ketua sementara Dewan Perwakilan Rakyat Daerah (DPRD) Sumenep, Hamid Ali Munir, lakukan Iinspeksi Mendadak (Sidak) ke Rumah Sakit Umum Daerah (RSUD) dr. H. Moh. Anwar Sumenep, Kamis, (9/9) sekitar pukul 08.30 WIB pagi. Dalam sidak tersebut, Hamid didampingi ketua Fraksi Partai Kebangkitan Bangsa (PKB), Muhri.

Hasil sidak yang dilakukannya itu, Hamid, menilai jika pelayanan di RSUD harus lebih ditingkatkan. “Pelayanan rumah sakit di RSUD dr. H. Moh. Anwar sudah baik, cuma perlu ditingkatkan lagi agar lebih optimal, seperti dengan keramahan dan senyuman petugas. Karena hal itu bisa mempercepat kesembuhan pasien,” ucap Hamid.


Menurut dia, RSUD merupakan tempat para pasien berobat, baik masyarakat daratan maupun Kepualauan. Sebab itu, harus ada fasilitas dan pelayanan yang baik. “Kami menekankan kepada Direktur RSUD dr. H. Moh. Anwar Sumenep, agar pelayanan dan fasilitas umum perlu dipersiapkan, supaya tidak terjadi antrian yang panjang. Agar semua pasien dapat dengan cepat mendapat tindakan,” jelasnya.

Hamid juga menjelaskan, jika fasilitas RSUD, seperti Air Condicioner (AC) harus efektif untuk menjaga pasien tidak kepanasan, serta toliet Water Close (WC) harus diperhatikan. “Bagi pasien yang tidak suka AC, harus ditempatkan di ruangan berbeda dengan orang yang tidak membutuhkan AC,” terangnya.

Baca juga:  Dispendukcapil Sampang Luncurkan Karpet Merah dan Balada Cinta

Hamid meminta agar tidak ada perbedaan pelayanan bagi masyarakat. “Kami menekankan tidak ada perbedaan terhadap pasien Jaminan Kesehatan Nasional (JKN) atau Badan Penyelenggara Jaminan Sosial (BPJS). Kita tidak ingin ada penolakan terhadap pasien, sehingga nantinya terjadi hal yang tidak di inginkan,” tuturnya.

Sementara itu, Direktur RSUD dr. H. Moh. Anwar Sumenep, Erly, sangat mengapresiasi kedatangan ketua DPRD Sumenep yang mendadak itu.

“Saya sangat mengapresiasi sekali atas kedatangan ketua sementara DPRD Sumenep, dan ini merupakan bentuk kepedulian beliau terhadap kita, sehingga dapat mengetahui data yang ada dan menganalisa untuk dicarikan solusinya,” katanya.

Sekedar diketahui, RSUD dr. Moh. Anwar Sumenep masih memiliki kategori RSUD standart C. Disinggung soal keluhan masyarakat mengenai operasi yang kurang cepat dilaksanakan, Erly menyampaikan, akan melakukan perubahan dan pembenahan.

“Kami sudah melakukan perubahan dan pembenahan walaupun tidak terlalu signifikan,” pungkasnya. (MR/AJ)