Direktur PDAM Trunojoyo Urai Visi Misi dan Program 100 Hari Kerja

Direktur Perusahaan Air Minum Daerah (PDAM) Trunojoyo Sampang, Dani Darmawan saat ditemui di ruangannya. (FOTO :Arief Tirtana /MI)

maduraindepth.com – Direktur Perusahaan Daerah Air Minum (PDAM) Trunojoyo Dani Darmawan memaparkan visi, misinya dan program 100 hari kerja. Ia berkomitmen menjadikan PDAM Trunojoyo sebagai perusahaan yang sehat dan mampu melayani masyarakat.

“Perusahaan yang sehat adalah perusahaan yang bukan hanya sehat secara administratif, akan tetapi juga sehat dari internal, baik itu sehat keuangannya, SDM-nya, manajerialnya, semuanya menyangkut internal yang mampu melayani masyarakat Sampang,” tuturnya pada maduraindepth.com, di ruang kerjanya, Rabu (13/1).


Menurutnya, PDAM Trunojoyo harus mampu menyediakan air bersih. Pihaknya berjanji akan menambah debit air guna memenuhi kebutuhan atau permintaan masyarakat dengan memberikan pelayanan yang lebih baik dan luas.

“Dengan segala keterbatasan ini kami berusaha untuk memaksimalkan agar bisa menambah debit air untuk pelayanan pendistribusian air bersih bagi masyarakat,”ucapnya.

Sebagai Direktur PDAM Trunojoyo, Dani mengaku memiliki misi menambah pelanggan dan menambah pendapatan perusahaan. Klaim Dani, misi dalam pengelolaan perusahaan berdasarkan prinsip good corporate governance. Artinya tidak ada sesuatu tindakan di manajemen PDAM Trunojoyo yang menyimpang. Seperti korupsi atau tindakan hal lain yang tidak benar.

“Apalagi pungli oleh petugas kita, kalau misalkan kita mengetahui hal itu maka kita akan langsung ambil tindakan. Jadi kami berusaha perusahaan ini bersih dari tindakan-tindakan atau penyalahgunaan wewenang atau tindakan yang tidak benar,” kata Dani.

Baca juga:  Bawa Sepuluh Butir Inex, Pemuda asal Sampang Diringkus Polisi di Sumenep

Untuk pelayanan bagi masyarakat yang notabene pelanggan PDAM Trunojoyo, kata Dani, harus ditingkatkan. Pihaknya berjanji akan memberikan tanggapan cepat jika ada keluhan dari pelanggan.

“Saya sudah menekankan kepada bagian teknik bahwa pelayanan seperti adanya kebocoran atau pelanggan yang tidak mendapatkan air agar bisa langsung ditangani. Kami juga mengupayakan agar nantinya PDAM Trunojoyo membuat customer service dan call center. Semua itu agar masyarakat dengan mudah berkomunikasi dengan bagian teknik,” pungkasnya.

Sementara untuk meningkatkan kesejahteraan, profesionalisme dan kualitas kerja, pihaknya akan memaksimalkan kinerja karyawan. Ini, sambungnya, berkaitan dengan disiplin ilmu. Sebab itu, peningkatan SDM yang ada saat ini perlu dimaksimalkan.

“Kualitas-kualitas itu tentunya dimulai dari SDM-nya, penempatan SDM tersebut dilakukan sesuai dengan keahliannya. Profesionalitas sebagai pegawai kita telah memprogramkan diklat atau semacamnya, hal itu akan saya lakukan semata-mata untuk meningkatkan kualitas SDM,”ungkapnya.

Untuk meningkatkan kesejahteraan pegawai, sebagai Direktur baru dirinya berjanji akan berusaha keras untuk meningkatkan kesejahteraan karyawan. Namun sebelum itu dilakukan, kata Dani menjelaskan, sebagai sebuah perusahaan yang utama adalah meraih keuntungan, dari hasil usaha tersebut pihaknya ingin menunjukkan terlebih dulu bahwa perusahaan ini mampu meraih laba atau keuntungan dengan cara yang baik dan sehat.

“Kalau hal ini bisa dilakukan untuk perusahaan, maka juga akan kembali kepada karyawan juga.” cetusnya.