Bupati Pamekasan Apresiasi Program Langit Biru

29
Program Langit Biru Pamekasan
Bupati Baddrut Tamam saat menanam pohon program langit biru. (FOTO: Umarul Faruk/MI)

maduraindepth.com – Pemerintah Kabupaten (Pemkab) Pamekasan, Madura, Jawa Timur mengapresiasi gerakan penanaman ratusan pohon dalam program langit biru milik PT. Pertamina. Program tersebut berlangsung di lapangan Pondok Pesantren Assyahidul Kabir Sumber Batu, Desa Blumbungan, Kecamatan Larangan, Senin (22/2).

Bupati Pamekasan Baddrut Tamam mengatakan, aksi penanaman 600 pohon itu selaras dengan program Pemkab yang sangat berguna untuk kebaikan lingkungan di masa mendatang.

Menurutnya, lingkungan menjadi salah satu faktor penentu atas beberapa peristiwa yang merugikan. Terjadinya banjir atau longsor di beberapa daerah diantaranya karena kurangnya kepedulian masyarakat terhadap lingkungan. Seperti kurangnya kesadaran untuk menanam pohon dan tindakan membuang sampah sembarangan.

“Makanya ketika Pertamina datang ke saya untuk program penanaman pohon ini saya sangat bersyukur. Akhirnya saya memilih pondok pesantren, kantor kecamatan, Polsek, Koramil untuk semuanya ditanami pohon ini,” terangnya.

Bupati dengan sederet prestasi itu menuturkan, penghijauan itu dapat menjadi inspirasi bagi seluruh organisasi masyarakat daerah (OPD) dan masyarakat secara umum untuk senantiasa menjaga lingkungan.

“Memang komitmen menjaga lingkungan ini tidak hanya pemerintah, tidak bisa hanya Pertamina, tidak bisa hanya Forkopimda atau Forkopimka. Tetapi yang memiliki masyarakat secara utuh itu adalah pesantren dan ormas yang membina masyarakat langsung itu para alim, para ulama,” tandasnya.

Baca juga:  Dapat Bantuan Tandon Air, Bupati Pamekasan Berharap Jadi Solusi Kekeringan di Musik Kemarau

Mantan anggota DPRD Jawa Timur ini melanjutkan, atmosfer kepercayaan masyarakat Madura dan Pamekasan secara khusus kepada ulama yang cukup melekat akan mudah mengedukasi masyarakat tentang pentingnya menjaga lingkungan sekitar.

“Harapan besar kami agar bantuan pohon ini ditambah, karena nanti akan disalurkan kepada pesantren-pesantren agar ditanam yang tak lain untuk menjaga lingkungan kita,” tutup Wakil Ketua DPW PKB Jawa Timur tersebut. (RUK/MH)

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here