Buka Pelatihan Homestay, Sekda Sampang : Banyak Hal yang Harus Dipersiapkan

Homestay Sampang
Suasana pelatihan homestay yang digelar Disporabudpar Sampang. (Foto: RIF/MI)

maduraindepth.com – Dinas Pemuda, Olah Raga, Budaya dan Pariwisata (Disporabudpar) Sampang menggelar Pelatihan Management Homestay atau pondok wisata. Kegiatan dilakukan untuk pengembangan sumber daya manusia (SDM) dan usaha pariwisata, Selasa (06/01).

Bertempat di aula trunojoyo, Hotel Camplong, Kecamatan Camplong, Sekretaris Daerah Kabupaten Sampang Yuliadi Setiawan hadir mewakili Bupati Sampang H. Slamet Junaidi, didampingi Kepala Disporabudpar Kabupaten Sampang Imam Sanusi.


“Banyak hal yang harus disiapkan, mulai dari tempat wisata alam dan bagaimana kita bisa mengelola wisata alam itu serta memoles dan mengemas agar bisa lebih bagus,” kata Yuliadi Setiawan dalam sambutannya.

Selain itu, lanjut Wawan, dalam hal ini juga harus didukung oleh masyarakat sekitar. Menurutnya, tempat wisata harus memiliki daya tarik agar dapat menarik pengunjung baik lokal, nasional maupun internasional.

Sebab itu, di sekitar tempat wisata harus ada tempat tinggal. “Tempat tinggal inilah kemudian menjadi pola pelatihan, bagaimana nanti kedepan bisa menyiapkan homestay atau tempat tinggal atau pondok wisata yang berada di sekitar tempat pariwisata,” katanya.

Dijelaskan Wawan, kedepan Pemerintah Kabupaten Sampang akan fokus pada pariwisata, sehingga semua pihak harus saling bersinergi. Sebab dukungan dari masyarakat sekitar akan menjadi sebuah keharusan untuk adanya kerjasama yang baik.

“Kedepan nanti akan kita buatkan regulasinya, tapi setidaknya keinginan itu sudah muncul, saat ini kita akan memberikan pelatihan tentang bagaimana cara mengelola homestay atau cara mengelola rumah tempat tinggal,” terangnya.

Baca juga:  Ratusan Knalpot Brong Dipotong Jadi 4 Bagian, Kapolres Janji Tindak Penjualnya

Pria yang karib disapa Wawan tersebut menghimbau, penting adanya publikasi atau belajar melalui website, YouTube dan sebagainya. Sehingga tidak harus menunggu adanya pelatihan lagi. Akan tetapi dari pelatihan tersebut Wawan berharap peserta pelatihan dapat mengembangkan hasil dari pelatihan tersebut.

“Kami berharap banyak kepada seluruh yang hadir ini untuk betul-betul mengikuti acara ini dengan sebaik-baiknya,” harap dia. (RIF/MH)