BPBD Prediksi Sampang Kota Akan Digenangi Air, Berikut Lokasinya

Banjir Sampang
Anak-anak bermain di genangan air di Jalan Pemuda Baru, Kelurahan Rongtengah, Kecamatan Kota, Kabupaten Sampang, beberapa waktu lalu. (FOTO: RIF/MI)

maduraindepth.com – Badan Penanggulangan Bencana Daerah (BPBD) Sampang memprediksi Kota Bahari akan digenangi air pasca diguyur hujan dalam beberapa hari terakhir. Ini diungkapkan oleh Kepala BPBD Anang Junaidi, Rabu (9/12).

Anang menyampaikan, dalam beberapa hari terakhir ini Kabupaten Sampang diguyur hujan. Sehingga debit air sungai akan mengalami ketinggian, dan akan mengakibatkan genangan di sejumlah titik di Kecamatan Kota.


“Air sungai di Kecamatan Robatal megalami ketinggian, kemungkinan di Sampang akan alami genangan, bukan banjir,” terangnya pada maduraindepth.com.

Anang mengkonfirmasi, ketinggian air yang cukup besar di daerah Robatal akan melalui sungai Kemuning. Diperkirakan air akan tiba di Sampang Kota pada pukul 21.00-22.00 WIB.

“Kemungkinan akan ada tiga lokasi di kecamatan kota yang akan digenangi air,” tandasnya.

Berikut tiga lokasi di Kecamatan Kota yang akan mengalami genangan air :

I. Kelurahan Rongtengah :

1. Jl. Pemuda Satriya
2. Jl. Pemuda Bahari
3. Jl. Pemuda Baru
4. Jl. Teratai
5. Jl. Kenanga

II. Kelurahan Dalpenang :

1. Jl. Melati
2. Jl. Mawar

III. Kelurahan Gunung Sekar :

1. Jl. Garuda
2. Jl. Teuku Umar
3. Jl. Delima

Dia menyebutkan, ketinggian di tiga lokasi tersebut diprediksi hanya sekitar 30 sentimeter. Sebab itu, masyarakat tidak perlu panik dengan kondisi tersebut pasca diguyur hujan beberapa hari terakhir ini. “Karena ini hanya genangan air, bukan banjir,” katanya.

Baca juga:  Usai Dibentuk, FPRB Gelar Silaturahmi Ke Kantor BPBD Sampang

Di akhir wawancara, Anang meminta masyarakat untuk tetap waspada dengan informasi-informasi atau berita bohong atau hoaks terkait genangan air di Kabupaten Sampang. “Khususnya di daerah rawan banjir,” pungkasnya. (RIF/MH)