Berikut Daftar Lengkap DCT Pileg 2024 di Pamekasan, Ada 531 Calon Wakil Rakyat

DCT caleg pileg 2024 kpu pamekasan
Finalisasi data DCT Pileg 2024 di KPU Pamekasan. (Foto : Rafi/MID)

maduraindepth.com – Komisi Pemilihan Umum (KPU) Pamekasan resmi mengumumkan Daftar Calon Tetap (DCT) pada Pemilihan Legislatif (Pileg) 2024 mendatang. Total, terdapat 531 calon legislatif (Caleg) yang masuk dalam DCT yang ditetapkan KPU Pamekasan.

Penetapan dan pengumuman DCT Pileg diterbitkan KPU Kabupaten Pamekasan sesuai ketentuan pasal 85 ayat (1) Peraturan KPU Nomor 10 tahun 2023 tentang pencalonan anggota Dewan Perwakilan Rakyat, Dewan Perwakilan Rakyat Daerah Provinsi, dan Dewan Perwakilan Rakyat Daerah Kabupaten/Kota. Serta berdasarkan Keputusan Komisi Pemilihan Umum Kabupaten Pamekasan Nomor 245 Tahun 2023 tentang Daftar Calon Tetap Anggota Dewan Perwakilan Rakyat Daerah Kabupaten Pamekasan dalam Pemilihan Umum Tahun 2024 tanggal 3 November 2023.

“Kami dari KPU mengumumkan Daftar DCT anggota Dewan Perwakilan Rakyat Daerah Kabupaten Pamekasan dan persentase keterwakilan perempuan dalam DCT,” ujar Ketua KPU Pamekasan, Mohammad Halili, Sabtu (3/11).

LINK DOWNLOAD DCT PILEG 2024 PAMEKASAN

Diterangkan, Pemilihan Umum (Pemilu) 2024 kali ini diikuti sebanyak 18 Partai Politik (Parpol). Namun ada satu Parpol, yaitu Partai Solidaritas Indonesia (PSI) tidak memiliki Caleg di setiap Daerah Pemilihan (Dapil) se Kabupaten Pamekasan.

“Keterwakilan perempuan pada DCT anggota DPRD Pamekasan, rata-rata mencapai 31 sampai 36 persen,” terangnya.

Sementara itu, Divisi Teknis Penyelenggaraan, KPU Pamekasan, Moh Amiruddin menyampaikan, finalisasi data DCT calon wakil rakyat dalam surat suara telah selesai dilakukan dengan melibatkan seluruh perwakilan dari Parpol sebagai peserta Pemilu. Dalam tahapan finalisasi data, Amir mengaku fokus terhadap pencermatan pada tanda baca, penulisan nama, dan gelar DCT anggota DPRD Pamekasan. Kemudian, langsung dilaporkan ke KPU RI untuk persiapan surat suara.

Baca juga:  Sistem Pemilu 2024 Proporsional Terbuka, KPU Pamekasan; Kesempatan Caleg Menyusun Visi dan Misi

“Selesai pencermatan penulisan nama dan gelar DCT, kami meneruskan laporan terhadap KPU RI supaya dikirim ke percetakan dan segera dilakukan pencetakan surat suara,” ungkapnya. (Rafi/*)

Dapatkan Informasi Menarik Lainnya DI SINI

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *