Benarkah Wisata Gua Soekarno Dihuni Makhluk Astral?

0
54
Pengunjung Wisata Gua Soekarno di Sumenep.

maduraindepth.com – Wisata Gua Soekarno mendadak terkenal pasca tempat yang sering dimanfaatkan semedi bagi ahli tirakat dari berbagai pemangku itu dirawat dan dijadikan destinasi oleh masyarakat sekitar.

Di balik terkenalnya wisata yang berlokasi di Desa Panaongan, Kecamatan Pasongsongan, akhir-akhir ini publik dihebohkan dengan adanya penampakan makhluk astral di dalam gua. Benarkah itu?

Pasalnya, dalam sekejap mahkluk halus tersebut sempat tertangkap kamera. Dia berwujud dan berdiri di sisi belakang pengungjung saat mengabadikan foto. Anehnya, di antara beberapa foto yang diabadikan, hanya satu foto yang tampak. Hal tersebut diyakini bahwa makluk astral yang sudah biasa berpenghuni di gua.

Pengunjung wisata Gua Soekarno, Khomaidi warga asal Sampang tidak menampik dengan isu makhluk astral. Sebab secara garis besar, makluk halus seperti jin dan iblis akan selalu berpenghuni di suatu titik. Tidak terkecuali di tempat ibadah, rumah, dan tempat wisata seperti gua.

Baca juga: Beredar Isu Penampakan Makhluk Astral, Ini Penjelasan Owner Gua Soekarno

“Kalau makluk halus dimana pun ada. Apalagi di gua,” kata Khomaidi saat dimintai keterangan Maduraindept, Selasa (2/7).

Dia tidak panik semisal gua dihuni makhluk halus. Diakui atau tidak gua disebut bagian dari tempat mistis karena mengarung dalam tanah. Sehingga makhluk halus sudah pasti akan berpenghuni sekalipun tempat itu sudah dijadikan wisata hiburan.

Achmad Jasuli pengungjung lain asal Pamekasan mengaku merinding ketika hendak masuk gua. Ada atmosfer lain yang dia tangkap ketika berada di dalam gua. Entah itu hanya kepanikan atau kegelisahan sesaat.

“Kalau aku merinding. Apa karena emang baru pertama kali masuk gua atau cuacanya lain,” terang Jasuli.

Jasuli menyampaikan, isu tentang makhluk astral bukan tidak mungkin terjadi. Sebab penampakan makhluk halus akan berwujud pada saat atau dalam waktu tertentu. Apalagi sampai terekam kamera.

“Bisa jadi itu benar. Di mana makluk halus yang tidak pernah punya tempat tinggal, apalagi di dalam gua,” tanyanya dengan cara mengungkapkan. (NR/MI)