banner auto

Bantu Lansia Cukupi Kebutuhan Pangan, Dinsos Pamekasan Kucurkan DBHCHT Rp 6 Miliar

bantuan pangan mamin lansia dinsos pamekasan dbhcht
Kepala Dinsos Pamekasan, Herman Hidayat Santoso. (Foto: Rafi/MID)

maduraindepth.com – Sebanyak 412 warga Lanjut Usia (Lansia) yang hidup sebatang kara di Kabupaten Pamekasan akan mendapatkan bantuan sosial berupa makanan dan minuman (Mamin). Bantuan tersebut akan diberikan Dinas Sosial (Dinsos) Pamekasan pada tahun 2024 mendatang melalui Dana Bagi Hasil Cukai dan Hasil Tembakau (DBHCHT).

Kepala Dinsos Pamekasan, Herman Hidayat Santoso menyampaikan, warga lansia menjadi prioritas yang dinilai layak sebagai Keluarga Penerima Manfaat (KPM) untuk menerima bantuan tersebut. Dia menyebutkan, anggaran program Bantuan Sosial (Bansos) untuk warga lansia yang hidup sebatang kara diambil dari DBHCHT Bea Cukai Madura sebesar Rp 6,5 miliar.

“Para warga lanjut usia sebatang kara, mendapatkan bantuan makanan dan minuman dua kali sehari selama tahun 2024. Anggaran untuk belanja makanan dan minuman, kami mengambil dari DBHCHT,” ujarnya, Selasa (7/11).

Diterangkan, proses dan mekanisme penyaluran bantuan sosial itu melalui tahap pendataan, verifikasi, serta validasi. Tujuannya, untuk memastikan KPM tepat sasaran.

“Kami sedang melakukan pendataan, verifikasi dan validasi data atau identitas penerima supaya bantuan makanan dan minuman betul-betul tepat sasaran untuk warga lanjut usia sebatang kara,” imbuhnya.

Sebelum merencanakan program bantuan sosial itu, pihaknya mengaku masih fokus pada penyaluran Bantuan Langsung Tunai (BLT) DBHCHT yang akan disalurkan terhadap buruh tani tembakau dan pabrik rokok resmi tahun ini. Total sekitar 22 ribu KPM yang menerima bantuan tersebut dengan anggaran mencapai Rp 21 miliar pada 2023.

Baca juga:  Kawal DBHCHT Tepat Sasaran, Ikasa Minta Tiga Hal

Setiap KPM pada BLT DBHCHT, lanjut dia, masing-masing menerima Rp 900 ribu. Namun, indeks pada nominal bantuan dikurangi menjadi Rp 600 ribu. Lantaran, pemerintah daerah melakukan penyesuaian dan terdapat program prioritas yang harus dicover untuk mendapatkan bantuan melalui DBHCHT.

“Program bantuan untuk warga lanjut usia menjadi program prioritas pemerintah daerah Pamekasan. Jada, ada dana yang digeser pada prioritas bantuan makanan dan minuman Lansia,” pungkasnya. (Rafi/*)

Dapatkan Informasi Menarik Lainnya DI SINI

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

banner auto